undefined
Senin, 21 Februari 2022

Menaker: Pemerintah Akan Revisi Aturan JHT

Jakarta--Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan revisi aturan pelaksana program Jaminan Hari Tua (JHT). Saat ini, pelaksanaan JHT tersebut diatur melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua. 

"Tadi saya bersama Pak Menko Perekonomian telah menghadap Bapak Presiden. Menanggapi laporan kami,  Bapak Presiden memberikan arahan agar regulasi terkait JHT ini lebih disederhanakan," kata Menaker Ida melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Senin (21/2/2022).

Menaker menjelaskan bahwa setelah Permenaker No. 2 tahun 2022 disosialisasikan, pemerintah memahami keberatan yang muncul dari para pekerja/buruh.  Oleh karenanya Bapak Presiden memberikan arahan dan petunjuk untuk menyederhanakan aturan tentang JHT. Sehingga keberadaan JHT bisa bermanfaat untuk  membantu pekerja/buruh yang terdampak, khususnya mereka yang ter-PHK di masa pandemi ini. 

"Bapak Presiden sangat memperhatikan nasib para pekerja/buruh, dan meminta kita semua untuk memitigasi serta membantu teman-teman pekerja/buruh yang terdampak pandemi ini," katanya menjelaskan. 

Menaker Ida menambahkan, dalam arahannya, Presiden Jokowi juga berharap dengan adanya tata cara klaim JHT yang lebih sederhana, maka dapat mendukung terciptanya iklim ketenagakerjaan yang kondusif.


"Bapak Presiden juga meminta kita semua, baik pemerintah, pengusaha, maupun teman-teman pekerja/buruh untuk bersama-sama mewujudkan iklim ketenagakerjaan yang kondusif, sehingga dapat mendorong daya saing nasional," ujarnya.


Biro Humas Kemnaker

Tags
5 Komentar
Anda harus login terlebih dahulu jika ingin memberikan komentar. Login sekarang
Rabu, 23 Februari 2022
kami kaum buruh MENOLAK permenaker 2/2022.
0
0
Rabu, 23 Februari 2022
Di revisi setelah di panggil Presiden...!Kamu harus tau...itu gaji karyawan sendiri,mana yang di sebut keadilan...?Coba kamu kalau berani debat terbuka
0
0
Selasa, 22 Februari 2022
hasil keringatq yang saya tiitipkan kpd bpjs knapa kamu hambat pencairannya..?? mohon maaf sbenarnya anda ini mau apa...itu uangq sendiri lho..itu keringatq lho..sadar sih anda...apa anda punya rasa manusiawi g???
0
0
Selasa, 22 Februari 2022
mundur aja Lo jadi menteri Ida fauziah
0
0
Selasa, 22 Februari 2022
mau curhat .saya baru habis kontrak tidak di perpanjang kerja cuman jadi buruh kontrak .sekarang saya msish ikut bpjs kesehatan dari perusahaan .yaitu kelas 2 sedangkan kelas 2 1 orang 100rb sedangkan saya 1 kk 3 orang berarti saya harus bayar 300rb .sedangkan sya masih kondisi pengangguran dan umur dah 32 thun mu cari kerja jadi buruh umur sehitu susah.jln keluarya ya buat usaha .tapi sya mau cairin jht harus nunggu umur 56 thun .
0
0