undefined
Senin, 1 Februari 2021

Menaker Ida Tegaskan RPP UU Cipta Kerja Telah Dibahas Bersama Buruh dan Pengusaha

Jakarta--Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menegaskan bahwa semenjak penyusunan RUU Cipta Kerja klaster Ketenagakerjaan, pihaknya selalu berkomitmen membahas bersama dalam Forum Tripartit yang terdiri atas serikat pekerja/serikat buruh, pengusaha, dan pemerintah sendiri.

"Sekali lagi kami tegaskan, penyusunan RUU Cipta Kerja klaster Ketenagakerjaan itu dibahas bersama dalam Forum Tripartit," kata Menaker Ida di Jakarta, Senin (1/2/2021).

Menaker Ida juga mengatakan, setelah UU Cipta Kerja selesai, pihaknya memfasilitasi kembali agar empat RPP turunan UU Cipta Kerja klaster Ketenagakerjaan dibahas dalam Forum Tripartit.

"Dan alhamdulillah, keempat RPP tersebut telah selesai kami bahas dan disepakati bersama-sama antara serikat pekerja/buruh, pengusaha dan pemerintah. Jadi semua pihak telah dilibatkan," ucapnya.

Ia menjelaskan, RPP klaster Ketenagakerjaan sudah seluruhnya diserahkan ke Kemenko Bidang Perekonomian untuk diupload pada portal resmi UU Cipta Kerja. Keempat RPP tersebut juga sudah dilakukan harmonisasi bersama Kementerian/Lembaga terkait sejak hari Rabu hingga Minggu kemarin.

Kemudian, tahapan berikutnya adalah merapikan untuk menghindari kesalahan-kesalahan kata dan juga rujukan. Setelahnya, pihaknya akan serahkan kembali kepada Sekretariat Negara untuk proses penetapan oleh Presiden RI.

"Kami optimis kita bisa menyelesaikan ke empat Rancangan Peraturan Pemerintah ini sesuai dengan jadwal yang ditetapkan," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, keempat RPP UU Cipta Kerja klaster Ketenagakerjaan itu RPP tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA); RPP tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, serta Pemutusan Hubungan Kerja; RPP tentang Pengupahan; dan RPP tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

Biro Humas Kemnaker

Tags
8 Komentar
Anda harus login terlebih dahulu jika ingin memberikan komentar. Login sekarang
Senin, 8 Februari 2021
Selamat siang Bapak/Ibu, saya wanda aji kusuma, dengan NIK 3216062611960013. Saya korban PHK di PT. LION BOGA, pada bulan Juli kemarin. Yang saya tanyakan, berdasarkan informasi di media, RUU JKP sudah rampung di susun, lalu apakah saya yang terkena dampak PHK sebelum RUU JKP ini di susun bisa mendapatkan manfaat dari RUU JKP tersebu ?. Mohon informasinya. Terima kasih.
0
0
undefined, 7 Februari 2021
kapan BLT 2021 dicairkan. tolong dong berikan titik terang, kami sangat membutuhkan
0
0
Jumat, 5 Februari 2021
berita katanya yang belum dapat termin 1 dan 2 di bulan Januari mau di cairkan .MANA !!!👎 PADAHAL SUDAH MASUK DATA BASE NYA 👎
0
0
Kamis, 4 Februari 2021
satu kata untuk para pekerja kemnaker BANGSAT TERNYATA UANG BANTUAN YANG SELAMA INI KITA HARAPKAN..TERCYDUK SUDAH..UANG NYA DI MAKAN OLEH PETINGGI-PETINGGI KEMNAKER ANJING EMANG PEJABAT-PEJABAT ZAMAN SEKARANG...NERAKA LAH TEMPAT TINGGAL KALIAN YG MENYUSAHKAN WARGA KITA YG SEDANG KESUSAHAN !!!!🖕🖕🖕🖕
0
0
Rabu, 3 Februari 2021
pak BLT BPJS kok blm cair pak
0
0

Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 51, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750, Indonesia

Telp: 021-5255733
Call Center: 021-50816000
Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia © 2018 • Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.