undefined
Rabu, 23 September 2020

Menaker Ida: Hari ini Subsidi Upah/Gaji Tahap IV Cair

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, memastikan penyaluran subsidi upah/gaji tahap IV telah dicairkan bagi pekerja/buruh yang berhak menerima sesuai kriteria Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

 

“Alhamdulillah, proses cek kelengkapan data sudah selesai. Dari 2,8 juta data calon penerima tahap IV, sebanyak 2,65 juta orang yang sudah lengkap datanya telah diproses pencairan ke KPPN. Sisanya, sekitar 150 ribu kami kembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dilengkapi datanya. Hal ini kami lakukan agar betul-betul penerima subsidi upah/gaji tepat sasaran," kata Menaker Ida di Jakarta pada Rabu (23/9).

 

Menaker Ida menjelaskan, setelah diproses ke KPPN, selanjutnya KPPN akan mencairkan dana subsidi upah/gaji ke Bank Penyalur. Setelah itu, bank Penyalur akan segera transfer ke rekening penerima baik itu bank Himbara maupun bank Swasta lainnya. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Bank Himbara selaku Bank Penyalur untuk mempercepat proses transfer.

 

“Kita berharap penyaluran tahap IV ini terus berjalan dengan lancar seperti tahap I,II dan III, sehingga target penyaluran pembayaran tahap pertama bantuan subsidi upah/gaji bisa tercapai,” kata Menaker Ida.

 

Berdasarkan data Kemnaker per 22 September 2020, realisasi penyaluran subsidi upah/gaji tahap I telah mencapai 2.484.429 orang atau 99,38 persen dari total penerima tahap I sebanyak 2,5 juta orang.

 

Kemudian untuk tahap II, penyalurannya telah mencapai 2.980.913 orang atau 99,36 persen dari total penerima tahap II sebanyak 3 juta orang.

 

Sedangkan untuk tahap III telah mencapai 3.356.866 orang atau 95 persen dari total 3,5 juta orang. Total Tahap I, II, dan III sebanyak 8.822.208 penerima atau 98,02 persen dari 9 juta orang.

 

Menaker Ida juga menjelaskan, pihaknya telah menyediakan layanan pengaduan terkait penyaluran bantuan subsidi upah/gaji melalui laman http://bantuan.kemnaker.go.id.

 

Para pekerja/buruh bisa memanfaatkannya untuk bertanya, mencari informasi ataupun mengadukan permasalahan terkait bantuan subsidi upah/gaji.

 

Biro Humas Kemnaker



Tags
545 Komentar
Anda harus login terlebih dahulu jika ingin memberikan komentar. Login sekarang
3 days ago
mau tanya knp ya ko bantuan subsidi bpjs ketenaga kerjaan saya ko blm cair sedangkan teman saya sudah pada cair terus saya tadi nanyain langsung ke kantornya datanya sudah valid tp ko sampe sekarang blm cair saya liat rek masih kosong tolong kasih penjelasan nya
0
0
Rabu, 14 Oktober 2020
Saya dan rekan kerja saya sebanyak 30 orang juga sampai sekarang belum menerima bantuan subsidi upah. padahal sudah di cek ke kantor BPJS terdekat , dan diberitahu bahwa data sudah valid dan memenuhi kriteria. Sewaktu ditanya ke kantor BPJS,dikatakan bahwa wewenang mereka cuma sampai penyerahan data.Selebihnya,cair atau tidak itu tergantung dari Kemnaker. Saya kecewa sekali ,seharusnya berterus terang saja kalau bantuan cuma disalurkan pada sebagian peserta pilihan yang memenuhi kriteria ,bukan pada semua peserta yang memenuhi kriteria.Sudah ditunggu-tunggu dengan sabar sampai sekarang malah ga dapat.
0
0
Kamis, 15 Oktober 2020
saya pun begitu sama saja sampai saat ini belum menerima bantuan.. sudah ganti rekening masih belum juga ... bpjs ketenegakerjaan aktip ... masih juga belum s/d ini
0
0
Selasa, 13 Oktober 2020
kenapa dengan data saya.. sampai sekarang saya belom dapat blt bu mentri.. data2 valid.. rekening bank aktif.. bpjs aktip.. tolong bu mentri.. saya belom dapat blt
0
0
Selasa, 13 Oktober 2020
saya JUGA belom dapat blt bsu bu mentri, data valid, pesertaan bpjs aktif tiap bulan di potong gaji buat bpjstku.. tapi kenapa sampai saat ini saya belom dapat blt bu mentri..
0
0
Selasa, 13 Oktober 2020
preeet lah...2 x nanya pihak bpjs di nyatakan valid tapi gak cair cair gaji saya di bawah UMR di potong dampak covid jadi 70% di tambah di PHP in pemerintah:(,..temen saya malah dari BPJS dapet dari kartu prapekerja dapet,kan gak jelas kerjanya...PAYAH
0
0

Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 51, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750, Indonesia

Telp: 021-5255733
Call Center: 021-50816000
Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia © 2018 • Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.