undefined
Jumat, 22 Oktober 2021

Kemnaker: Inkop Dapat Jadi Wadah Lindungi TKBM di Indonesia

Jakarta--Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI-Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Indah Anggoro Putri, menyatakan, Induk Koperasi (Inkop) Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pada masa pandemi COVID-19 ini dapat terus menjadi wadah dalam melindungi para TKBM yang ada di Indonesia.

 

"Inkop TKBM ini harus bisa profesional dalam melaksanakan prinsip-prinsip hubungan kerja yang layak serta dapat memberikan jaminan sosial bagi seluruh tenaga kerja," ucap Indah Anggoro Putri dalam acara Rapat Anggota Tahunan  2019-2020 Induk Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan, pada Kamis (21/10/2021).

 

Indah Anggoro Putri mengungkapkan, menjelang diterapkannya modernisasi pelabuhan-pelabuhan di Indonesia serta  sistem digitalisasi yang berkembang cepat saat ini, menuntut adanya perubahan ke arah lebih baik untuk dapat bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan di negara lain.

 

"Kita harus buktikan Indonesia bukan hanya poros maritim dunia, tetapi juga sebagai negara dengan layanan logistik terbesar dan profesional di kawasan Regional, Asia bahkan Dunia," ucapnya.

 

Menurutnya, TKBM harus lebih qualified untuk dapat bersaing secara global. Adapun Inkop harus bisa menjadi wadah penggerak TKBM menuju lebih baik dan kompeten.

 

Ia menambahkan, Kemnaker juga konsern membina TKBM dalam memasuki era modernisasi pelabuhan dengan memastikan setiap TKBM mendapatkan akses pelatihan dalam menghadapi perubahan teknologi saat ini.

 

"Itu penting harus diupayakan oleh Inkop TKBM di seluruh Indonesia, Kemnaker dan BNSP siap untuk mendampingi seluruh Inkop TKBM dalam pelaksanaan sertifikasi," katanya.

 

Dirjen Putri juga mengatakan, Menaker Ida Fauziyah dalam arahannya meminta Inkop TKBM perlu memikirkan inovasi pengembangan jenis bidang usaha baru tidak hanya terbatas pada penyediaan jasa tenaga kerja, namun juga pada sektor usaha lainnya yang akan memberikan keuntungan bagi pengembangan modal sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

 

"Dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, Inkop TKBM harus melakukan transformasi dan rebranding dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaan bisnisnya yang tidak hanya menerapkan digitalisasi, tetapi juga harus melakukan perubahan model bisnis, manajemen dan pelayanan," ujarnya.

 

Biro Humas Kemnaker

Tags
2 Komentar
Anda harus login terlebih dahulu jika ingin memberikan komentar. Login sekarang
Sabtu, 23 Oktober 2021
tahap 5 bank BUMN kapan tersalurkan nya sudah 2 minggu lebih masih belum tersalurkan ??
0
0
Jumat, 22 Oktober 2021
knapa saya tidak memenuhi persyaratan ya,untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, adakah yg bisa jawab??? di bpjs nya saya lolos dan pas ku cek di kemnaker nya belum memenuhi sarat😭 tolong jelaskan knapa kyk gitu, yg mau jawab ada email dan WhatsApp saya di bawah, trimakasih email: feriyoza2502@gmail.com WhatsApp:085841633408
0
0

Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 51, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750, Indonesia

Telp: 021-5255733
Call Center: 1500630
Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia © 2018 • Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.