undefined
Jumat, 24 September 2021

Kemnaker Evaluasi Empat Tahap Penyaluran BSU Tahun 2021

Jakarta--Memasuki tahap 5 penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU), pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Bantuan Subsidi Gaji/Upah bagi pekerja/buruh Tahun 2021 di Jakarta, Jumat (24/9/2021). Evaluasi terkait data penerima BSU, pendistribusian, kendala, dan kemungkinan perluasan cakupan wilayah penerima, serta penyebaran BSU Tahun 2021.                                                                                                                                                        

"Evaluasi ini penting untuk meningkatkan prosentase penerima BSU tahun 2021 dan meningkatkan kualitas program BSU," kata Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial ( PHI & Jamsos) Kemnaker, Indah Anggoro Putri.

Dirjen Indah mengatakan, sesuai Arah Menaker Ida Fauziyah, menyampaikan BSU tahun 2021 ini, Kemnaker hanya mengalirkan BSU melalui rekening HIMBARA. Sehingga pekerja yang telah memenuhi syarat dan lolos verifikasi, namun memiliki rekening HIMBARA, akan dibukakan rekening baru secara kolektif (burekol). 

Indah menegaskan, total data calon penerima BSU yang dikirimkan BPJSTK sebanyak 7.748.630 calon penerima. Setelah melalui proses pemadanan data, BSU telah disalurkan sebanyak 4.911.200 orang penerima. 

"Total dana yang telah disalurkan hingga saat ini per-24 September sebesar Rp4.911.200.000.000 (Rp4,9 Triliun), yang terdiri dari rekening Bank Himbara dan burekol yang ada," ujarnya.

Ditegaskan Indah Anggoro Putri, dalam penyaluran BSU melalui rekening Himbara selama ini, juga ditemukan berbagai permasalahan. Komunikasi antar Bank di kantor pusat dan kantor cabang yang tidak sinkron telah mengakibatkan proses aktivasi dapat dilakukan secara cepat. 

"Kedua, terbatasnya sumber daya Bank dalam pelayanan aktivasi rekening baru secara kolektif," katanya. 

Ketiga, gagal salur untuk rekening eksisting meski telah dilakukan pembuktian dan validasi oleh bank sebelum ditetapkan sebagai penerima BSU oleh KPA. Keempat, kurangnya sosialisasi Bank kepada pekerja penerima BSU mengenai mekanisme penyampaian BSU. 

Kelima, perusahaan menolak dana BSU untuk pekerja karena menerima sosialisasi penerima BSU.

"Keenam, lemahnya koordinasi dan sosialisasi antara BPJS TK Pusat dengan kantor cabang dan BPJS TK dengan Bank Himbara dalam pelaksanaan pengiriman BSU," ujar Dirjen Indah. 

Dirjen Indah menambahkan, berbagai permasalahan yang berasal dari pengaduan masyarakat ke PHI melalui media sosial maupun pesan jaringan pribadi. "Tim PHI berpandangan pengaduan masyarakat ini harus mendapat perhatian serius untuk ditindaklanjuti," katanya. 



Biro Humas Kemnaker

Tags
33 Komentar
Anda harus login terlebih dahulu jika ingin memberikan komentar. Login sekarang
undefined, 7 November 2021
selamat sore pak, saya sdh mendapatkan notive penerima bsu di bank bni mulai awalvbulan oktober, tetapi sampai sekarang di rek bank bni(humbara) tdk ada bsu a.n saya sendiri....mohon di bantu
0
0
Kamis, 28 Oktober 2021
sudah bank himbara..status masih ditetapkan..suruh sabarrr
0
0
Sabtu, 16 Oktober 2021
Selamat pak Saya salah satu penerim BSU melalu BANK BTN,tapi saya terkendala di karenakan di tempat daerah saya tinggal tidak memiliki BANK BTN,saya tinggal di labuan bajo NTT ...mungkin bpk bisa membantu kalau saya bisa mencairkan bantuanya melalui kantor pos yang bekerja sama dengan BANK BTN,karena kalau saya ke kupang untuk mencairkan BSU saya harus mengeluarkan ongkos sekitar 500 ribu ...itupun untuk perginya saja pak... Saya mohon bantuanya pak...saya sangat mengharapan bantuan BSU tersebut
0
0
Selasa, 5 Oktober 2021
tahap 5 kapan min dimulainya
0
0
Rabu, 6 Oktober 2021
pengen lebih jelasnya via email :ppid@kemnaker.go.id. biar tahu kebenarannya
0
0
Senin, 4 Oktober 2021
sudah di tetapkan, bank mandiri pula..tapi di suruh sabar... Yasudah ..sabar aja dulu.
0
0

Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 51, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750, Indonesia

Telp: 021-5255733
Call Center: 1500630
Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia © 2018 • Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.