undefined
Jumat, 25 Oktober 2019

Kemnaker Dorong Pemerataan Kualitas Instruktur di Indonesia

Samarinda - Kementerian Ketenagakerjaan telah menyelenggarakan Kompetisi Kompetensi Instruktur Nasional (KKIN) VII Tahun 2019. Salah satu tujuan kompetisi ini adalah mendorong pemerataan kualitas instruktur pelatihan nasional. Baik instruktur di BLK (pemerintah), LPK Swasta, maupun training center industri.

"Bagaimana kompetisi ini telah menjadi momen sharing pengetahuan kita yang ada di balai-balai besar, balai-balai pusat, untuk teman-teman (instruktur) di daerah," kata Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Kunjung Masehat, saat menutup KKIN VII Tingkat Nasional Tahun 2019 di BLK Samarinda, Kalimantan Timur, pada hari Kamis (24/10) malam.

Kunjung menjelaskan, peningkatan SDM nasional didasarkan pada 3 komponen. Yakni kualitas, kuantitas, dan persebaran.

Ketiga komponen tersebut juga berlaku untuk instruktur. Dimana kualitas, kuantitas, dan persebaran instruktur harus merata hingga ke tingkat daerah.

"Oleh karena itu, pembinaan terhadap Instruktur akan selalu dilakukan dan ditingkatkan untuk mewujudkan Instruktur yang kompeten, profesional dan mampu mentransfer pengetahuan dan ketrampilannya," jelas Kunjung.

Ke depan, KKIN ini pun akan terus diselenggakan untuk mendorong pemerataan kualitas serta keterlibatan instruktur dari BLK dan LPK Swasta.

"Karena, meskipun competitiveness kita mulai seimbang, tapi bagaimana ke depan ini kita bisa bersama-sama moving forward," terangnya.

Selain itu, Kunjung juga berpesan, dalam menghadapi tantangan teknologi dan informasi di era digitalisasi, para instruktur juga harus menyesuaikan diri. Instruktur diharapkan mampu mengembangkan program pelatihan maupun metodologi pelatihan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

"Dengan perubahan teknologi yang cepat, para instruktur harus menyesuaikan diri sesuai dengan perubahan teknologi yang ada," ujarnya.

Dalam laporan pelaksanaan KKIN, Ketua Pelaksana sekaligus Kepala BLK Samarinda, Andri Susila, mengatakan, KKIN VII yang diselenggarakan merupakan grand final, dimana sebelumnya telah dilakukan KKIN di tingkat regional. Kompetisi ini diikuti 108 orang instruktur dari seluruh Indonesia.

Dari 108 peserta yang mengikuti babak final, diambil 5 orang peserta terbaik dari masing-masing bidang kompetisi untuk masuk ke babak grand final, dan selanjutnya diambil 3 orang peserta terbaik untuk ditetapkan sebagai juara I, Il dan II.

Ada 9 bidang yang dikompetisikan dalam KKIN VII. Yaitu pengelasan, otomotif Kendaraan Ringan, Instalasi Listrik, Tata Busana Teknik Pendingin dan Tata Udara, Elektronika, Desain Grafis, Perancangan Rekayasa Mekanik CAD, dan Solusi Perangkat Lunak Teknologi Informasi untuk Bisnis.

"Dengan terpilihnya para juara dari masing-masing bidang kompetisi maka dapat dikatakan bahwa output dari kegiatan ini dapat tercapai dengan baik," kata Andri.



Biro Humas Kemnaker

Tags
7 Komentar
Anda harus login terlebih dahulu jika ingin memberikan komentar. Login sekarang
undefined, 25 Oktober 2020
kapan BSU saya cair di bank BCA, persyaratan sdh valid, dari gelombang 1 sampai 5 cuma di suruh menunggu dan sabar, tpi sampai sekarang masih belum mendapatkan,
0
1
Jumat, 16 Oktober 2020
apakah ini sudah final bagi yang tidak mendapatkan BSU dari tahap 1 sampai tahap 5 tidak akan mendapatkan haknya karena hingga saat ini saya belum mendapatkan BSU
0
0
Sabtu, 3 Oktober 2020
Saya dari tahap 1-4 gak cair2 padahal teman se pekerja sy udah semua ,Terus ad juga yg dr perusahan ny gak bayar iuran bpjs jamsostek malah dapat ,lah sy bayar tiap bulan kok oleh perusahaan malah gak dapat ,pdhal sy udah lapor ,gak ada tanggapan juga dr pihak kemnaker ,data sy juga udah valid ,tolong donk d respon oleh pihak kemnaker...
0
0
Jumat, 2 Oktober 2020
BANK DKI SYARIAH belum cair ... giliran data yang benar malah tidak dapat giliran dan yang notabene salah malah dapt
0
0
Rabu, 23 September 2020
ratakanlah dahulu pembagian blt
0
0

Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 51, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750, Indonesia

Telp: 021-5255733
Call Center: 021-50816000
Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia © 2018 • Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.