Kamis, 18 Februari 2016 22:58 WIB 0 Komentar 623 Dilihat
Komitmen Pemerintah Perkuat Posisi SDGs

Komitmen Pemerintah Perkuat Posisi SDGs

Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Binwasnaker dan K3) Muji Handaya mengungkapkan komitmen Pemerintah Republik Indonesia dalam menguatkan posisi Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai tujan pembangunan yang formal dan memastikan bahwa pencapaian SDGs dimasukkan kedalam rencana pembangunan.


"Sangat penting untuk kita bisa melihat bahwa pembangunan bukan sekadar ditujukan untuk pertumbuhan ekonomi, melainkan juga beraga, tujuan sosial dan lingkungan," ujar Dirjen Binwasnaker dan K3 dalam Forum SDGs Conference di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (18/2/2016)


Selain itu, pemerintah juga akan memastikan pencapaian tujuan SDGs. Sedangkan dibidang peningkatan hak-hak pekerja, pemerintah melakukan optimalisasi pengawasan penerapan norma kerja dan jaminan sosial termasuk norma K3. Pemenuhan hak-hak normatif pekerja/buruh serta penegakan hukum terhadap pelanggaran juga jadi agenda pemerintah dalam meningkatkan hak-hak pekerja.


Dalam upaya pencapaian kerja layak di Indonesia, pemerintah melakukan strategi pembangunan berkelanjutan termasuk pembangunan di kota dan pedesaan. Penanganan pekerja migran, penciptaan green jobs, peningkatan keterampilan dan produktivitas serta jaminan sosial juga bagian dari agenda pemerintah dalam upaya pencapaian kerja layak di Indonesia.