Rabu, 24 Februari 2016 14:16 WIB 0 Komentar 1529 Dilihat
Sssttt... Sekarang Ada Aplikasi 'TKI Keren' di Play Store

Sssttt... Sekarang Ada Aplikasi 'TKI Keren' di Play Store

Dalam rangka mempermudah akses pelayanan informasi bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja ke luar negeri, Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kementerian Ketenagakerjaan menggagas aplikasi ‘TKI Keren’ yang sangat mudah dijangkau oleh masyarakat dengan mendownloadnya di play store Android.
 
Aplikasi ‘TKI Keren’ ini dibuat untuk mempermudah dan memberikan informasi bagi masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri. Aplikasi ini juga memberikan informasi lowongan pekerjaan yang tersedia di negara penempatan seperti Malaysia, Korea, Brunei Darussalam, Taiwan, Singapura, Hongkong dan lain-lain. Selain itu masyarakat juga dapat mengetahui daftar PT yang bisa mendaftarkan individu yang ingin bekerja keluar negeri sebagai TKI.
 
Aplikasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka mewujudkan pelayanan yang mudah, murah, cepat, aman, transparan dan berkualitas bagi TKI. Jika sudah mendownload Aplikasi ‘TKI Keren’ dihalaman menu utama terdapat beberapa pilhan menu yakni:
 
1. Persyaratan dan Ketentuan , Kondisi Bekerja di Luar Negeri. Jika anda menekan menu ini akan muncul gambar bendera beberapa negara meliputi Brunei Darussalam, Hongkong, Korea, Malaysia, Taiwan dan Singapura. Jika di klik salah satu bendera negara tersebut, pengguna akan masuk ke pptkln.naker.go.id dimana terdapat data lengkap seperti selayang pandang negara tersebut, pesyaratan bekerja, Mekanisme Bekerja, Situasi dan Kondisi Kerja serta hal-hal penting lain yang perlu diketahui.
 
2. Job/Pekerjaan yang ada di Luar Negeri Saat Ini yang jika dipilih akan menampilkan pilihan Berdasarkan Negara dan Berdasarkan Provinsi.
 
3. Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Luar Negeri Swasta. Jika pengunduh membuka menu ini akan mendapati menu lanjutan meliputi Daftar PT, PT Propinsi, PT Kota, Daftar Cabang, Daftar Cabang Propinsi dan Daftar Cabang Kota.
 
4. Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri. Di menu ini terdapat pencarian data TKI yang bisa dicari berdasarkan nama atau Paspor TKI.
 

5. Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota. Di menu ini, pengguna akan mendapatkan menu provinsi meliputi Banten, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Nusa Tenggara Timur dan Sumatera Utara yang selanjutnya mengerucut ke Kabupaten/Kota.
 

6. Mendaftar Sebagai Calon Tenaga Kerja Ke Luar Negeri yang berisi menu mendaftar sebagai Calon Tenaga Kerja Ke Luar Negeri dan menu cek status pendaftaran.
 

7. Pengaduan
 

8. Penghentian dan Pelarangan Penempatan.

Lihat Berita Yang Lain

Transformasi Asuransi TKI ke BPJS Segera Dijalankan

19 Mei 2017 0

Jakarta – Rencana transformasi asuransi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari konsorsium asuransi TKI ke BPJS siap dijalankan. Jumat, 29 Mei 2017, Kementerian Ketenagakerjaan mengadakan pembahasan [...]

Izin Penyalur TKI Ilegal yang Digrebeg Polisi Sudah Dicabut sejak Tahun Lalu

17 Mei 2017 0

Jakarta - Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (PPTKLN) Kementerian Ketenagakerjaan RI, R Soes Hindharno mengatakan, dua perusahaan Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja [...]

Dinamika Ketenagakerjaan Di Era Digital Harus Disikapi Dengan Optimis

19 Mei 2017 0

Jakarta –Teknologi dan informasi memiliki peranan besar terhadap perkembangan ekonomi negara-negara dunia yang berdampak terhadap bidang-bidang lain, salah satunya bidang ketenagakerjaan. Untuk [...]