Selasa, 13 Juni 2017 12:06 WIB 0 Komentar 230 Dilihat
Tingkatkan Pemberdayaan Lansia, Kemnaker Gelar Workshop Tenaga Kerja Lansia Produktif

Tingkatkan Pemberdayaan Lansia, Kemnaker Gelar Workshop Tenaga Kerja Lansia Produktif

Dalam rangka meningkatkan produktifitas kalangan lanjut usia agar tidak menjadi beban dan tetap produktif, Kementerian Ketenagakerjaan menggelar workshop tenaga kerja lanjut usia bertajuk "Hidup Bermartabat Di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera" di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (13/6). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Lansia Nasional Tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 29 Mei. 

"Dengan semakin meningkatnya usia harapan hidup, jumlah penduduk lanjut usia terus meningkat dari tahun ke tahun," ujar Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Nurrahman, saat menyampaikan laporan kegiatan.

Menurutnya, peningkatan jumlah penduduk lansia menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan sekaligus sebagai tantangan dalam pembangunan. Peningkatan jumlah penduduk Lansia akan membawa dampak terhadap kondisi sosial ekonomi dalam keluarga, masyarakat, maupun dalam pemerintahan. 

"Tujuan diselenggarkannya workshop ini untuk menciptakan komunikasi dan sinergitas dalam mewujudkan jejaring tenaga kerja lansia," imbuhnya.

Berdasarkan data Sakernas Agustus 2016, jumlah penduduk Lansia terus bertambah dengan rincian penduduk usia kerja lansia sebanyak 22,79 juta orang, angkatan kerja lansia 10,96 juta orang, penduduk lansia yang bekerja sebanyak 10,79 juta orang, penganggur terbuka lansia sebanyak 165.702 orang. 

"Penganggur terbuka lansia lebih banyak pada laki-laki yaitu sebesar 99.229 orang dari pada perempuan sebesar 66.473 orang. Sedangkan menurut wilayah, penganggur terbuka lansia perkotaan lebih banyak dibandingkan di pedesaan," papar Nurrahman.

Ia menambahkan, pertambahan jumlah penduduk Lansia didorong oleh meningkatnya usia harapan hidup, membaiknya layanan kesehatan, dan naiknya derajat kesejahteraan.

Workshop ini diikuti oleh 75 orang peserta yang berasal dari seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Tenaga Kerja Kota Madya Jakarta Timur, Suku Dinas Kota Madya Jakarta Selatan, Suku Dinas Kota Madya Jakarta Jakarta Pusat, Suku Dinas Tenaga Kerja Kota Madya Jakarta Barat, Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Utara, Komnas Lansia, Kementerian Sosial, Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan dan pemerhati lansia. 

Lihat Berita Yang Lain

Pemerintah Dorong APJATI Fasilitasi Penempatan Pekerja Migran Lebih Profesional

12 Desember 2017 0

Bekasi--Pemerintah mendorong Asosiasi Perusahaan Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) sebagai pelaku usaha penempatan pekerja migrant agar  lebih professional dalam  memfasilitasi [...]

Keberadaan LTSA Tingkatkan Pelayanan dan Perlindungan Bagi TKI

12 Desember 2017 0

Jakarta—Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI) merupakan salah satu program perbaikan tata kelola penempatan dan perlindungan TKI dalam upaya pelayanan [...]

Kemnaker Gandeng BNN Cegah Peredaran Narkoba di kalangan Pekerja dan TKI

12 Desember 2017 0

Jakarta -- Dalam rangka melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di kalangan pekerja di dalam dan luar negeri, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) [...]