Jumat, 17 Februari 2017 14:22 WIB 0 Komentar 187 Dilihat
Permintaan Tenaga Kerja Professional Di Wilayah Timur Tengah Meningkat

Permintaan Tenaga Kerja Professional Di Wilayah Timur Tengah Meningkat

Pemberhentian dan pelarangan penempatan tenaga kerja (domestic worker) ke negara-negara kawasan Timur Tengah membawa dampak positif. Saat ini negara-negara di wilayah Timur Tengah seperti Kuwait mulai melirik tenaga kerja professional Indonesia terutama di bidang minyak dan gas. 


"Banyak peluang di minyak dan gas," ujar Duta Besar Indonesia untuk Kuwait, Tatang Budie Utama Razak, saat berkunjung ke Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Jakarta Selatan, Jumat (17/2).


Tatang mencontohkan, tahun lalu Kuwait membutuhkan 2600 tenaga kerja profesional. Namun pihaknya baru bisa memenuhi 15 persennya saja.
 

Untuk itu, ia menjalin komunikasi langsung dengan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri untuk menyikapi hal tersebut. "KBRI terus meningkatkan diplomasi ekonomi  dan perlindungan (warga negara Indonesia di Kuwait)," katanya.


Merespon laporan tersebut, Menaker Hanif akan berkoordinasi lebih lanjut dengan kementerian/lembaga terkait untuk memaksimalkan peluang penempatan tenaga kerja formal ke Kuwait. 


Selain itu, untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) nasional, pihaknya tengah mengenjot peningkatan akses dan mutu pelatihan kerja.
 

Pemerintah Indonesia juga terus mencoba menjalin hubungan baik dengan negara-negara sahabat dalam upaya menjalin investasi pelatihan kerja. 


Dengan masuknya investasi pelatihan kerja di Indonesia, diharapkan tenaga kerja yang dilatih bisa langsung terserap pasar kerja karena sesuai dengan kebutuhan negara yang melakukan investasi pelatihan.

Lihat Berita Yang Lain

Menaker Hanif Tinjau BLK Lombok Timur

24 November 2017 0

Lombok Timur---Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) yang terletak di Jalan Ramban Biak, Lenek Daya, kecamatan Akmel, kabupaten Lombok Timur (Lotim), Nusa [...]

Menaker Hanif : Peranan Tripartit Menentukan Hubungan Industrial yang Harmonis

21 November 2017 1

Jakarta--Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dakhiri menegaskan kunci keberhasilan menghadapi persoalan dan tantangan ketenagakerjaan salah satunya ditentukan oleh sejauhmana peran stakeholder [...]

Menaker: Kompetensi Sebagai Kunci Masuk Dunia Kerja

17 November 2017 1

Jakarta -- Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri  mendorong supaya tenaga kerja Indonesia memiliki akses yang lebih baik untuk meningkatkan kompetensi.