Rabu, 22 Februari 2017 14:09 WIB 0 Komentar 175 Dilihat
Kunjungi TESDA Di Filipina, Menaker Diskusikan Persoalan Pelatihan Vokasi

Kunjungi TESDA Di Filipina, Menaker Diskusikan Persoalan Pelatihan Vokasi

Dalam rangka mencari terobosan dan strategi baru terkait pelatihan vokasi, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengunjungi Tecnical Education and Skills Development Autority (TESDA) di Manila, Filipina, Selasa (21/2/2017). Setibanya di TESDA, Menaker disambut oleh Direktur Jenderal TESDA, Guiling "Gene" A Mamondiong.


Kunjugan Menaker kali ini untuk mempelajari metode penyusunan standar keterampilan atau kompetensi yang dimiliki TESDA, mempelajari metode adopsi standar keterampilan internasional menjadi standar keterampilan nasional Filipina, dan strategi pengakuan standard keterampilan TESDA secara internasional.


Selain itu, menaker juga mendiskusikan persoalan peraturan mengenal insentif bagi perusahaan atau pemberi kerja yang terlibat dalam peningkatan keterampilan, skema dana pengembangan keterampilan (Skills Development Fund), dan strategi pelibatan industri dalam pelatihan keterampilan.


Selanjutnya, Menaker juga membahas pola penyelenggaraan pemagangan dan dual system training yang diawasi oleh TESDA, penjaminan mutu kelembagaan dan hasil pelatihan, peningkatan kapasitas lembaga pelatihan, dan penyelenggaraan uji kompetensi.


Sebelum beranjak, Menaker juga mengunjungi dan melihat langsung fasilitas pelatihan pekerja perempuan TESDA. TESDA Woman Center merupakan sebuah lembaga pelatihan yang dihibahkan dari pemerintah Jepang melalui JICA kepada TESDA. Pada kesempatan tersebut, Menaker juga sempat mecicipi kopi racikan peserta pelatihan TESDA. 


Untuk diketahui, TESDA merupakan badan pemerintah Filipina yang bertanggung jawab dalam pengelolaan, pengawasan pendidikan teknis dan pengembangan keterampilan.


TESDA juga memobilisasi industri, tenaga kerja, pemerintah daerah dan lembaga teknis kejuruan dalam pengembangan keterampilan sumber daya manusia.

Lihat Berita Yang Lain

Pemerintah Dorong APJATI Fasilitasi Penempatan Pekerja Migran Lebih Profesional

12 Desember 2017 0

Bekasi--Pemerintah mendorong Asosiasi Perusahaan Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) sebagai pelaku usaha penempatan pekerja migrant agar  lebih professional dalam  memfasilitasi [...]

Keberadaan LTSA Tingkatkan Pelayanan dan Perlindungan Bagi TKI

12 Desember 2017 0

Jakarta—Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI) merupakan salah satu program perbaikan tata kelola penempatan dan perlindungan TKI dalam upaya pelayanan [...]

Kemnaker Gandeng BNN Cegah Peredaran Narkoba di kalangan Pekerja dan TKI

12 Desember 2017 0

Jakarta -- Dalam rangka melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di kalangan pekerja di dalam dan luar negeri, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) [...]