Senin, 07 Agustus 2017 15:56 WIB 0 Komentar 227 Dilihat
Indonesia Butuh Ribuan Tenaga Kerja Bidang Aviasi

Indonesia Butuh Ribuan Tenaga Kerja Bidang Aviasi

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menanggapi positif tawaran dari Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF Aero Asia) untuk menyediakan tenaga kerja aviasi, yang dalam hal ini adalah tenaga kerja pemeliharaan pesawat terbang. Hal tersebut diungkapkan Hanif saat menerima Direktur Utama PT. GMF Aero Asia Iwan Joeniarto di Kantor Kemnaker pada Senin (7/8).

 
“Saya sangat tertarik dengan penawaran ini. Apalagi kita memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) yang berfungsi untuk mencetak tenaga kerja,” kata Hanif.

 
Hanif menambahkan, meskipun BLK belum memiliki kejuruan aviasi, tetapi pihaknya akan segera melakukan kajian terkait workshop yang diperlukan untuk kejuruan aviasi dan juga kurikulumnya.

 
“BLK sudah memiliki beberapa fasilitas yang dibutuhkan dan saya harap salah satu kejuruan yang ada di BLK adalah tentang aviasi, mengingat permintaan yang tinggi untuk bidang tersebut,” ujar Hanif.

 
Untuk menyiapkan tenaga- tenaga kerja bidang aviasi, Hanif dibutuhkan adanya instruktur, kurilkulum dan penyiapan sarana dan fasilitas yang mendukung kegiatan pelatihan aviasi.

 
"Ke depannya dimungkinkan kerjasama dengan maskapai-maskapai penerbangan dan sekolah penerbangan agar  tak hanya menyiapkan calon pilot dan penerbang,  tapi juga mekanik-mekanik handal di bidang aviasi untuk maintenance pesawatnya," kata  Hanif.

 
Sementara itu, Iwan Joeniarto mengungkapkan, permasalahan yang dihadapi saat ini adalah GMF Aero Asia membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak dalam kurun 5 tahun kedepan. Namun, lembaga pendidikan di Indonesia belum mampu memenuhi permintaan tenaga kerja bidang aviasi.

 
“Saat ini sekitar 51% pemeliharaan pesawat terbang masih dilakukan di luar negeri. Hal itu karena Indonesia masih kekurangan tenaga kerja aviasi,” ungkap Iwan.

 
Diharapkan, imbuh Iwan, jika Indonesia sudah memiliki tenaga kerja aviasi yang cukup, maka perawatan pesawat bisa dilakukan di dalam negeri.

 
Biro Humas Kemnaker

Lihat Berita Yang Lain

Menaker Hanif : Produktivitas Tenaga Kerja Indonesia TerusĀ  Meningkat

08 Desember 2017 0

Jakarta---Hasil pengukuran produktivitas nasional, regional, dan sektoral  yang dilakukan pada tahun 2016 oleh Kementerian Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik bahwa selama [...]

Menaker Hanif Tinjau BLK Lombok Timur

24 November 2017 0

Lombok Timur---Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) yang terletak di Jalan Ramban Biak, Lenek Daya, kecamatan Akmel, kabupaten Lombok Timur (Lotim), Nusa [...]

Menaker Hanif : Peranan Tripartit Menentukan Hubungan Industrial yang Harmonis

21 November 2017 1

Jakarta--Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dakhiri menegaskan kunci keberhasilan menghadapi persoalan dan tantangan ketenagakerjaan salah satunya ditentukan oleh sejauhmana peran stakeholder [...]