Kamis, 27 Oktober 2016 10:18 WIB 0 Komentar 173 Dilihat
Kemnaker Sosialisasikan Pentingnya Hubungan Industrial Harmonis Kepada Dunia Pendidikan

Kemnaker Sosialisasikan Pentingnya Hubungan Industrial Harmonis Kepada Dunia Pendidikan

Tangerang - Kesadaran akan pentingnya hubungan industrial (HI) yang harmonis perlu ditanamkan sejak dini. Hal tersebut bertujuan agar angkatan kerja baru dapat memahami hak dan kewajiban serta pola komunikasi yang dijalin di lingkungan kerja. Untuk itu, Direktoratat Kelembagaan dan Kerjasama Hubungan Industrial (KKHI) Kementerian Ketenagakerjaan RI melakukan pemasyarakatan hubungan industrial kepada pelajar dan mahasiswa, agar pentingnya kesadaran hubungan industrial dapat dipahami sejak dini. Selain bagi pelajar dan mahasiswa, pemasayarakatan hubungan industrial ini juga melibatkan para tenaga ajar, baik guru maupun dosen.

“Siapkan diri kita, sebelum masuk dunia kerja,” kara Direktur KKHI Kementerian Ketenagakerjaan RI, Siti Djubaidah pada acara ‘Pemasyarakatan Hubungan Industrial Bagi Dunia Pendidikan’ di Hotel Sol Marina Tangerang, Senin (24/10/2016).

Acara tersebut diikuti oleh siswa SMK, mahasiswa, dan guru/dosen di Kota Tangerang.

Pemasyarakatan HI dinilai sangat penting bagi civitas akademika. Dimana bagi pelajar dan mahasiswa, ada materi, informasi, dan pengetahuan seputar dasar-dasar hubungan industrial. Sehingga kelak ketika ketika memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, para pelajar dan mahasiswa sudah siap untuk mengimplementasikan asas-asas hubungan industrial tersebut.

Hubungan industrial yang harminis tidak hanya berfungsi sebagai solusi ketika ada perselisahan saja. Namun lebih dari itu, dengan memupuk hubungan industrial yang harmonis juga akan membantu perusahaan, dalam hal ini pengusaha dan pekerja, untuk bekerja lebih efektif, efisien dan produktif. Dengan adanya Pemasyarakatan HI tersebut, diharapkan siswa dan mahasiwa siap untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Serta memiliki kesadaran untuk terus memupuk hubungan industrial di lingkungan kerja.

Lihat Berita Yang Lain

PKB Sebagai Kunci Hubungan Industrial yang Harmonis

08 Desember 2017 0

Dikatakan Hanif, berdasarkan hasil survey World Bank, perusahaan yang memiliki serikat pekerja dan melakukan penandatangan PKB dengan manajemen, hasilnya 96% pekerja merasa puas.

Redam Perselisihan Buruh-Pengusaha, Pemerintah Optimalkan Mediator Hubungan Industrial

25 November 2017 0

Hal tersebut diungkapkan Menteri Hanif seusai menutup Forum Komunikasi Nasional Mediator Hubungan Industrial. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas yang membidangi Ketenagakerjaan tingkat provinsi [...]

Dewan Pengupahan Punya Peran Ciptakan Hubungan Industrial yang Harmonis

14 Oktober 2017 0

Direktur Pengupahan Kementerian Ketenagakerjaan, Adriani, memuji pekerja dan pengusaha yang telah berkontribusi menciptakan iklim hubungan industrial yang kondusif sepanjang 2017.