Teruslah Berinovasi Demi Meningkatkan Kesejahteraan Bersama
0

Teruslah Berinovasi Demi Meningkatkan Kesejahteraan Bersama

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, diwakili Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (PHI-Jamsos), Haiyani Rumondang menghadiri acara Harlah SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) Ke 44 Minggu (19/02) di Sidoarjo, Jawa Timur.

19 Februari 2017 0
Pengusaha dan Pekerja Harus Utamakan Dialog Sosial
0

Pengusaha dan Pekerja Harus Utamakan Dialog Sosial

Jakarta -- Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) terus mendorong agar hubungan industrial yang harmonis dapat diimplementasikan di lingkungan perusahaan. Salah satu upaya Kemnaker adalah dengan mempermudah layanan pendaftaran Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara perusahaan dan pekerja. Pembuatan PKB adalah wajib manakala sudah berdiri serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) di perusahaan tersebut.

17 Februari 2017 0
Perusahaan Wajib Terapkan Upah yang Adil
0

Perusahaan Wajib Terapkan Upah yang Adil

Bogor -- Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemanker) telah melakukan percepatan penerapan sistem pengupahan yang berkeadilan dan berdaya saing dalam rangka peningkatan kesejahteraan pekerja. Salah satu diantaranya dengan menerbitkan PP No. 78 tahun 2015 yang mewajibkan pengusaha untuk menyusun dan menerapkan struktur dan skala upah dengan memperhatikan golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan dan kompetensi. Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan juga mengatur pemberian sanksi administratif apabila perusahaan yang tidak menyusun struktur dan skala upah serta tidak memberitahukan kepada seluruh pekerja/buruh.

16 Februari 2017 0