Pembangunan Nasional Harus Didukung SDM Kompeten Berbudaya K3

Kamis, 12 Januari 2017 16:40 WIB 0 Komentar 19 Dilihat

Pemerintah secara terus menerus meningkatkan pembangunan yang bertujuan memperluas kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat.
Program pembangunan tersebut tentunya harus didukung oleh sumberdaya manusia (SDM) yang kompeten dan setiap pelaksanaan pembangunan harus menjamin keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Hal ini disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri dalam pidatonya di upacara pembukaan bulan K3 Nasional tahun 2017 yang mengambil tema pokok "Dengan budayan K3 kita tingkatkan kualitas hidup manusia menuju masyarakat yang selamat, sehat dan produktif" di halaman kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Jakarta Selatan, Kamis (12/1/2017).

“Upacara pada hari ini sekaligus merupakan pernyataan dimulainya bulan keselamatan dan kesehatan kerja nasional tahun 2017 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh tanah air,” ujar Menaker.

Menaker memaparkan, peringatan K3 telah disepakati dimulai sejak 12 Januari, dan tahun 2017 merupakan tahun ke-3 bagi bangsa indonesia yang secara terus menerus berusaha mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 tahun 2020.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam survei angkatan kerja nasional bulan Agustus 2016, lanjut Menaker, jumlah penduduk yang bekerja sebanyak 118.41 juta orang, dan sekitar 60.24 persen diantaranya dengan tingkat pendidikan SD dan SMP. Kondisi demikian jelas menunjukkan bahwa tingkat kompetensi tenaga kerja Indonesia secara rata-rata masih sangat perlu digenjot dan ditingkatkan.