Selasa, 13 September 2016 12:03 WIB 0 Komentar 91 Dilihat
Pelabuhan New Priok Bisa Tingkatkan Daya Saing Indonesia

Pelabuhan New Priok Bisa Tingkatkan Daya Saing Indonesia

Jakarta – Pemerintah RI terun mencari terobosan untuk meningkatkan daya saing perekonomian Indonesia. Kali ini, pemerintah secara resmi meresmikan pengoperasian Terminal Petikemas Kalibaru Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara sebagai langkah meningkatkan daya saing perekonomian nasional.

“Persaingan antar negara sekarang ini semakin hari semakin sengit. Semuanya membangun inovasi baru, semuanya membangun fasilitas yang mendukung daya saing negaranya masing-masing, dan ini komitmen kita,” kata Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan peresmian terminal yang dijuluki New Priok tersebut di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Selasa (13/9/2016).

Meski baru diresmikan, New Priok sudah mulai dikomersilkan pada 18 Agustus 2016. Presiden menyebut bahwa pelabuhan yang dibangun dengan standar modern tersebut akan menjadi poin penting dalam menciptakan efisiensi logistik di Indonesia. Untuk terus meningkatkan kemampuan pelabuhan, Presiden pun meminta kepada PT Pelindo, untuk segera melanjutkan pembangunan Terminal 2.

“Kalau keuangan finansial dari Pelindo II tidak cukup, gandeng swasta investor. Persaingan sudah di depan mata, begitu terlambat ditinggal kita,” imbau Presiden.

Terminal Petikemas Kalibaru memiIiki luas Iahan kurang Iebih 32 Ha dengan kapasitas sebesar 1,5 juta TEUs per tahun. Saat ini, total panjang dermaga adalah 450 meter dan pada akhir 2016 akan ditingkatkan menjadi 850 meter. Pelabuhan ini memiliki kedalaman -14 meter LWS  dan akan dikeruk secara bertahap hingga -20 meter LWS. Terminal tersebut diproyeksikan untuk dapat melayani kapal petikemas dengan kapasitas I3 ribu 15 ribu TEUs dengan bobot di atas 150 ribu DWT.

Lihat Berita Yang Lain

Ini 11 Nota Kesepahaman Indonesia-Arab Saudi saat Kunjungan Raja Salman

02 Maret 2017 0

Hari pertama kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud ke Indonesia berbuah manis. Pertemuan bilateral yang berlangsung hangat dan produktif dengan pemerintah Indonesia [...]

Presiden Jokowi Buka WIEF ke-12 di Jakarta

02 Agustus 2016 0

Toleransi merupakan hal penting yang harus dijalankan umat muslim dunia. Di era terbuka seperti saat ini, toleransi adalah sebuah keharusan. Hal ini disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko [...]

Al-Quran Mengajarkan Kita Untuk Optimis Menjadi Bangsa Pemenang

22 Juni 2016 0

Bangsa Indonesia akan menjadi lebih maju dan sejahtera apabila umat muslim menjalankan ajaran Al-Qur'an. Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat memperingati Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional [...]