Kamis, 12 Mei 2016 13:56 WIB 0 Komentar 558 Dilihat
Kerjasama Kemnaker dan BNN Untuk Perangi Narkoba

Kerjasama Kemnaker dan BNN Untuk Perangi Narkoba

Jakarta – Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia  (Kemnaker) menyatakan sikap tegas dalam mencegah dan memberantas narkotik dan obat-obat terlarang (Narkoba). Sebab, narkoba sudah dianggap menghancurkan generasi bangsa. 

“Ini sudah menjadi bahaya nasional. Oleh sebab itu kita harus punya komitmen tinggi untuk menyelamatkan generasi.”ujar Sekretaris Jenderal Kemnaker Abdul Wahab Bangkona dalam audiensi dengan Badan Nasional Narkotika mengenai Pembangunan Jejaring Berwawasan Anti Narkoba di Kanto Kemnaker, Jakarta, Kamis (12/5/2016). 

Sekjen Abdul Wahab menyatakan, Kemnaker harus menjadi yang terdepan dalam memerangi narkoba. Terlebih narkoba sudah mengincar siapa saja tanpa mengenal kelas. 

Dijelaskannya, Kemnaker memiliki tenaga fungsional di sektor pengawasan, mediator hubungan industrial, pengantar kerja, serta instruktur yang mengajar dari desa ke desa. Tenaga tersebut berhubungan langsung dengan masyarakat, calon pekerja, dan pekerja. Sehingga, mereka dapat didayagunakan untuk menjadi agen dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba. 

“Sudah menjadi tugas kita bersama-sama untuk membentengi negara ini dari Narkoba. Ini pekerjaan rumah yang besar tapai kalau kita bersatu hasilnya akan signifikan.”ujarnya. 

Berdasarkan data BNN, prevalensi penyalah guna narkoba sudah mencapai 2,2 % atau sekitar 4.098.029 juta orang. Angka itu dari tahun ke tahun meningkat. Dari hasil penelitian BNN pula ditemukan bahwa penyalahguna di tempat kerja terbilang banyak. Sektor terbanyak berasal dari tempat hiburan lalu diikuti transportasi. Karenanya BNN akan memfokuskan upaya pencegahan dan pemberantasan di ketenagakerjaan. 

”Karena itu kami menghimbau sekaligus bertukar pikiran bagaimana mencegah penyalagunaan juga peredaran gelap narkoba.”kata Deputi Pencegahan BNN Anhar Sianturi saat ditemui di tempat yang sama. 

Turut hadir dalam pertemuan Plt.Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemnaker Helmiaty Basri dan Direktur Edukasi BNN Yunis Farida. Di kesempatan ini Kemnaker dan BNN juga menyepakati untuk menindaklanjuti hasil pertemuan hari ini secepatnya. Kemnaker akan membentuk tim khusus untuk turun ke lapangan bersama tim dari BNN.