Senin, 26 Maret 2018 13:48 WIB 0 Komentar 88 Dilihat
Besok, Menaker Buka Forum Regional Atasi Human Trafficking Sektor Perikanan

Besok, Menaker Buka Forum Regional Atasi Human Trafficking Sektor Perikanan

Besok hari Selasa (27/3) Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri dijadwalkan membuka  Forum Regional tentang upaya mengatasi perdagangan orang, eksploitasi tenaga kerja dan perbudakan di sektor perikanan yang digelar di Legian, Bali. 

Forum regional ini merupakan tindaklanjut dari Pertemuan Tripartit global mengenai nelayan migran yang diadakan di bulan September 2017 di Kantor International Labour Organisation (ILO) Jenewa.

 

“Forum regional ini bertujuan meningkatkan kerja sama negara-negara anggota ILO dalam   memerangi perdagangan orang, eksploitasi ketenagakerjaan dan perbudakan modern di sektor perikanan, “ kata Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri (KLN) Kementerian Ketenagakerjaan, Indah Anggoro Putri di Jakarta pada Senin (26/3).

 

Forum regional ini diselenggarakan oleh ILO bekerjasama dengan Kemenko Kemaritiman, Kementerian Ketenagakerjaan, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 

Diperkirakan forum ini akan dihadiri oleh sekitar 200 orang peserta yang merupakan perwakilan dari 10 negara ASEAN, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Malaysia, Filipina, Vietnam, Singapura,  Thailand, dan Indonesia. Sebagaimana forum ILO lainnya, setiap negara yang hadir pada forum regional ini menyertakan perwakilan Tripartit yang terdiri dari unsure Pekerja, Pemerintah dan Pengusaha.

 

KaBiro KLN Kemnaker Putri mengatakan selain untuk memperkuat koordinasi antarkementerian/lembaga yang menangan isektorperikanan di tingkat Indonesia, forum regional ini bermanfaat untuk membaha supaya-upaya konkrit dalam mengatasi perdagangan manusia dan eksplotasi tenaga kerja dan perbudakan di sektor perikanan.

 

“Keberadaan forum ini begitu penting bagi Indonesia karena Indonesia  adalah negara maritime dengan jumlah nelayan diperkirakan 800.000 orang dan 564.000 kapal penangkapan ikan,” kata Putri

 

Ditambahkan Putri, Forum Regional ini bermanfaat untuk saling berbagi pengalaman antara negara-negara ASEAN dalam mengatasi perdagangan orang, eksploitasi tenaga kerja dan perbudakan di sektorperikanan.

 

“Di sektor ketenagakerjaan Indonesia, agenda dan tujuan forum ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan perlindungan pekerja migran, khususnya sector perikanan, serta menciptakan kerja layak bagi semua pekerja di semua sektor(decent work for all), “ kata Putri

 

Biro Humas Kemnaker

Lihat Berita Yang Lain

Kesimpulan dan Kesepakatan Rapat Kemnaker dengan Komite III DPD RI

17 Februari 2016 0

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri beserta jajaran eselon I Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menghadiri rapat kerja dengan Komite III Dewan Perwakilan Daerah Republik [...]

Kemnaker Gelar Rapat Kerja Dengan DPD RI

17 Februari 2016 0

Jakarta - Komite III DPD RI melakukan rapat kerja dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) pada hari Senin, 15 Februari 2015 di Gedung DPD RI, Jakarta. Salah satu agenda pembahasan yang [...]

Sosialisasi dan Pelatihan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) oleh Sekjen dan Balitfo di Lingkungan Dinas Nakertrans Provinsi/Kabupaten/Kota Lampung

23 Juni 2013 0

Upaya untuk mewujudkan penerapan tata kelola pemerintahan yang baik tersebut, salah satunya adalah dengan penerapan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).