Jumat, 13 Mei 2016 09:21 WIB 0 Komentar 359 Dilihat
Pemasyarakatan HI di Bukittinggi, Kenali HI Sejak Dini

Pemasyarakatan HI di Bukittinggi, Kenali HI Sejak Dini

Bukittinggi – Kesadaran akan pentingnya hubungan industrial (HI) yang harmonis perlu ditanamkan sejak dini. Hal tersebut bertujuan agar angkatan kerja baru dapat memahami hak dan kewajiban serta pola komunikasi yang dijalin di lingkungan kerja. Untuk itu, Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Ditjen PHI dan Jamsostek) Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) melakukan pemasyarakatan hubungan industrial kepada pelajar dan mahasiswa, agar pentingnya kesadaran hubungan industrial dapat dipahami sejak dini. Selain itu pelajar dan mahasiswa, pemasayarakatan hubungan industrial ini juga melibatkan para tenaga ajar, baik guru maupun dosen.

“Ini menjadi momentum berharga sebagai kerjasama antara bidang pendidikan dan ketenagakerjaan untuk peningkatan kesadaran HI sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya,” ungkar Dirjen PHI dan Jamsostek Kemnaker, Haiyani Rumondang dalam acara Pemasyarakatan HI di Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis (12/5/2016).

Kegiatan Pemasyarakatan HI tersebut diikuti oleh ratusan peserta yang tersebar di Provinsi Sumatera Barat. Dirjen Haiyani pun mengerapersiasi dan berterima kasih atas kerjasama Pemerintah Daerah setempat atas terseselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kegiatan Pemasyarakatan HI telah diselengggerakan di beberapa daerah, sebagai bentuk komitemen pemerintah, khusunya Kemnaker dalam memberikan pengetahuan dasar kepada angkatan kerja baru yang memasuki dunia kerja,” lanjut Dirjen Haiyani.

Ia menjelaskan, Pemasyarakatan HI tidak hanya penting untuk peserta didik saja, yakni pelajar dan mahasiwa, namun juga bisa menjadi bekal berharga bagi para pendidik, yakni guru dan dosen. Dimana bagi pelajar dan mahasiswa, ada materi, informasi, dan pengetahuan seputar dasar-dasar hubungan industrial. Sehingga kelak ketika ketika memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, para pelajar dan mahasiswa sudah siap untuk mengimplementasikan asas-asas hubungan industrial tersebut.

“Sedangkan untuk para guru dan dosen, Pemasyarakatan HI  ini sebagai pelajaran berharga kepada peserta didik yang akan memasuki dunia kerja,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Haiyani mengimbau kepada pematri agar menyampaikan materi-materi Pemsyarakatan HI dengan metode dan bahasa yang sederhana. Sehingga, peserta Pemasyarakatan HI dapat dengan mudah memahami dan mencernanya.

“Tanyakanlah hal-hal yang masih menjadi pertanyaan dalam benak dan pikiran. Manfaatkanlah sebesar-besarnya forum ini untuk mengenal lebih jauh hubungan industrial sebelum memasuki dunia kerja,” pungkasnya.

Lihat Berita Yang Lain

Butuh Sinergitas Tiga Elemen untuk Bangun Hubungan Industrial Efisien

16 Maret 2016 0

Membangun Hubungan Industrial yang efektif dan efisien membutuhkan sinergitas dari tiga elemen. Tiga elemen tersebut adalah pemerintah baik dan daerah, Serikat Pekerja/Serikat Buruh dan para [...]

Kemnaker Dorong SP/SB Wujudkan Hubungan Industrial yang Harmonis

16 Maret 2016 0

Dalam rangka mewujudkan hubungan industrial yang kondusif dan harmonis, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dalam hal ini Direktorat Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga [...]

Meniti Perdamaian Dalam Hubungan Industrial

17 Februari 2016 0

Perbedaan pendapat antara pekerja dan pengusaha jamak terjadi di suatu perusahaan yang menyebabkan terjadinya suatu perselisihan. Perselisihan ataupun pertentangan pendapat dalam perusahaan tersebut [...]