Rabu, 09 September 2015 14:50 WIB 0 Komentar 250 Dilihat
Irjen Target Kemnaker Dapat WTP Tahun 2015

Irjen Target Kemnaker Dapat WTP Tahun 2015

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Sunarno, menargetkan, tahun 2015, Kemnaker mendapat laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pasalnya, pada tahun 2014 Laporan Keuangan Kemenakertrans mendapat penilaian keuangan dari BPK dengan disclaimer of opinion atau tidak menyatakan pendapat. Padahal pada 6 tahun sebelumnya secara berturut – turut mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) .

Hal itu ditegaskan Sunarno kepada SP di kantornya, Selasa (8/9). “Ketika saya dilantik Juli 2015, Pak Menaker sudah menegaskan, Irjen harus bisa membuat laporan keuangan dari BPK menjadi WTP, bukan disclaimer of opinion,” kata dia.

Menurut Sunarno, tugas Irjen dan jajarannya  harus mengatur strategi dan melaksanakan perubahan paradigma, Itjen bukan sebagai watch dong (anjing penjaga) tetapi harus menjadi konsultan dan katalisator. Untuk itu, kata dia, perlu langkah-langkah konsolidasi internal dan eksternal.

Internai artinya, kata dia, ada suatu kesiapan sumber daya manusia (SDM) aparatur dalam rangka menjalankan berbagai kegiatan pengawasan antara lain melakukan audit kinerja, audit dengan tujuan tertentu, evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi, evaluasi laporan akuntabilitas kerja, review laporan keuangan, reformasi rencana kerja anggaran kementerian atau lembaga, evaluasi pelayanan publik dan koordinasi pengawasan dan pendidikan budaya anti korupsi.

Ia menambahkan, kebijakan pengawasan Itjen Kemnaker tahun 2015 difokuskan pada peningkatan kualitas laporan kuangan menjadi WTP. Oleh karena itu, penetapan sasaran pengawasan diarahkan pada kegiatan strategis dengan analisis resiko dan berorientasi pada output yang optimal bagi kebutuhan masyarakat luas, dengan penguatan sistem pengendalian internal serta percepatan penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan.Menurut Sunarno, action plan menuju WTP adalah melakukan pemetaan dan penyelesaian permasalahan laporan keuangan, menyusun peta jalan dan rencana aksi tindak lanjut rekomendasi BPK.

Selain itu, melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, melakukan pendampingan, serta mendorong optimalisasi pelaksanaan Sistem Pengendalian Internasi Pemerintah (SPIP) di lingkungan Kemnaker.

Menurut Sunarno, SPIP dalam pengelolaan keuangan negara sangatlah penting karena terkait dengan paket undang-undang keuangan negara, yaitu UU 17 / 2003 tentang Keuangan Negara, UU 1 / 2004 tentang Perbendaharaan Negara dan UU 15 /2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara memberikan mandat kepada pemerintah baik pusat maupun daerah untuk melakukan pengeloaan keuangan negara secara tertib, terkendali dan efisien. “Ini harus dilakukan sejak perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pertanggungjawaban,” kata dia.

Hal ini, kata dia, sangat membutuhkan suatu proses yang terintegrasi dengan sistem pengendalian internal pemerintah yang meliputi lima unsur yakni lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan.

Menurut Sunarno, ini semua untuk memberikan keyakinan yang memadai terkait dengan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan, ketaatan terhadap peraturan, keandalan laporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah serta pengamanan aset negara.”Ini semua demi menuju akuntabilitas pengeloaan keuangan negara yang transparan dan akuantabel.” Kata dia.

Sumber : Beritasatu.com

Lihat Berita Yang Lain

Kemnaker Raih WTP Laporan Keuangan Tahun 2016

23 Mei 2017 0

Upaya serius Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akhirnya berbuah [...]

Jaga Team Work Tetap Solid, Irjen Kemnaker Gelar Pembinaan Mental

17 Februari 2016 0

Dalam rangka membangun kekuatan tim yang dilandaskan nilai-nilai pengabdian tulus kepada bangsa dan negara, Inspektorat Jenderal Kemnaker RI mengelar acara pembinaan mental spiritual kepada semua [...]

Kegiatan Dalam Rangka Pembinaan Kepada Pejabat/Pegawai di Lingkungan Inspektorat Jenderal

28 Januari 2016 0

Tanggal 27 Januari 2016, Inspektorat Jenderal Kemnaker mengadakan  Rapat Kegiatan Internal Dalam Rangka Pembinaan Kepada Para Pejabat/Pegawai di Lingkungan Inspektorat Jenderal yang di [...]