Tekan Angka Pengangguran, BLK Ternate Gelar Pelatihan di Bitung

Jumat, 17 Mei 2019 10:35 WIB 0 Komentar 46 Dilihat

Tekan Angka Pengangguran, BLK Ternate Gelar Pelatihan di Bitung




Bitung--UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Bitung binaan BLK Ternate menggelar 19 paket Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Institusional tahap II di Aula UPTD BLK, Sulawesi Utara, Kamis (28/2/2019).


Kadisnakertrans provinsi Sulawesi Utara, Erni Tumundo mengatakan  PBK Institusional sangat penting menekan angka pengangguran dan meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja di Bitung.  "Dengan mengikuti pelatihan, dapat mendukung program pemerintah daerah menuntaskan angka pengangguran dan kemiskinan, " ujar Erni Tumundo


PBK ini menitikberatkan pada penguasaan kemampuan kerja. Kemampuan kerja tersebut mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai standar yang ditetapkan di tempat kerja. “Pelatihan ini penting untuk meningkatkan etos kerja 240 peserta PBK, disiplin agar dapat mengisi perusaahan, industri dan dapat meningkatkn kesejahteraan diri dan keluarga,” ujarnya.



Adapun ke-15 pelatihan yakni operator mesin bubut dan frais; practical office advance I dan II; juru las 3G SMAW I dan II; pengelolaan administrasi perkantoran; pemasangan listrik bangunan sederhana I; pemasangan instalasi otomasi industri I; pemeliharaan kendaraan ringan sistem konvensional; pengelolaan administrasi perkantoran; junior administrasi asisstant; teknif refrigerasi; dan service sepeda motor sistem konvensional.