Tantangan BLK Kendari, Hasilkan SDM Berkualitas dan Kompeten

Rabu, 13 Februari 2019 15:59 WIB 0 Komentar 64 Dilihat

Tantangan BLK Kendari, Hasilkan SDM Berkualitas dan Kompeten


 
Kendari---Menghadapi era persaingan yang semakin kompetitif, sebanyak 240 peserta mengikuti 15 paket Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Insitusional di Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Rabu (13/2/2019).

 
Kepala BLK Kendari Herman mengatakan mayoritas pengganguran di Sulawesi tenggara khususnya kota Kendari berlatar belakang pendidikan SD, SMP, SMA. "Ini merupakan tantangan bagi BLK Kendari untuk mengatasi angka pengangguran ini, agar ke depannya BLK Kendari dapat menghasilkan SDM berkualitas dan tenaga kerja yang berkompeten di bidangnya, " katanya.

 
Kadisnakertrans Kendari Saemu Alwi, berpesan seluruh siswa PBK selalu meningkatkan kualitas dan skill agar nantinya mampu bersaing dengan Tenaga kerja Asing (TKA) yang bekerja di industri pertambangan di Sultra.

 
Ke-15 paket pelatihan itu terdiri dari operator menjahit dasar (3 paket), perhotelan dan tata kecantikan (2 paket), TIK, operator mesin bubut, 
mekanik sepeda motor, mekanik junior mobil bensin, administrasi perkantoran, disain grafis, PLC dan instalasi otomasi industri (1 paket).