Siswa Kejuruan Listrik BLK Ternate Prakek Bintang Segitiga

Rabu, 13 Maret 2019 10:43 WIB 0 Komentar 55 Dilihat

Siswa Kejuruan Listrik BLK Ternate Prakek Bintang Segitiga



Ternate-Siswa BLK Ternate kejuruan Teknik Listrik, Sub Kejuruan Pemasangan Instalasi Otomasi Listrik Industri menggelar praktek rangkaian bintang segitiga menggunakan timer untuk motor 3 Phasa 2019 di workshop kejuruan listrik BLK Ternate, Maluku Utara, Rabu  (13/3/2019).


Menurut iInstruktur Teknik Listrik Ilham M. Nur tujuan praktek tersebut agar peserta pelatihan dapat memahami bagaimana starting bintang segitiga dimaksudkan untuk mengurangi arus starting dari motor 3 fasa. Karena pada motor yang berdaya besar, arus start berpengaruh besar. "Starting ini dimaksudkan untuk menjaga agar lebih terkontrol, karena setelah beberapa detik kemudian akan terjadi perpindahan hubungan dari bintang ke segitiga, " ujar Ilham.


Ilham menambahkan jika motor induksi tiga-phasa dihubungkan ke sumber tegangan, data pada pelat nama motor harus disesuaikan dengan sumber tegangan dan frekuensinya.  "Hubungan diimplementasikan melalui enam terminal (versi standar) pada kotak terminal motor dan perbedaannya antara dua jenis rangkaian, hubungan bintang (Star) dan hubungan segitiga (Delta)" katanya.