Hadapi Revolusi Industri 4.0, Pemerintah Gelar Rakor di Kendari

Jumat, 21 Juni 2019 08:37 WIB 0 Komentar 81 Dilihat

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Pemerintah Gelar Rakor di Kendari



Kendari--Menyambut revolusi industri 4.0, pemerintah akan terus menjembatani dengan mengoptimalisasi Balai Latihan Kerja melalui penyediaan Balai Latihan Kerja (BLK) yang sesuai dengan kebutuhan pasar/industri saat ini. Era RI 4.0, selain ketatnya kompetesisi tenaga kerja, penggunaan mesin dan kecanggihan komputer akan banyak diaplikasikan di berbagai industri. Pekerjaan yang semula banyak dilakukan oleh tenaga manusia akan berganti dengan  pemanfaatan kecanggihan teknologi.


Menurut Direktur Bina Pemagangan Kemnaker Darwanto, Kamis (20/6/2019) saat membuka Rakor bertema "Sinergitas program BLK Kendari dengan daerah untuk peningkatan dan pengembangan sumberdaya manusia",  demografi dan jumlah tenaga kerja usia produktif yang cukup besar akan menjadi boomerang jika tidak ditata secara baik.


"Ketika keterampilan yang dimiliki hari ini, tidak lagi relevan dengan kebutuhan industri di masa depan, karena kerja-kerja yang bersifat repetitif dan monoton akan segera tergantikan oleh kecangihan teknologi. Maka itu penting bagi pekerja saat ini untuk membekali diri dengan pengetahuan yang paling vital saat ini, " kata Darwanto.


Rakor yang digelar di Hotel Same, Kendari, Sultra selama dua hari (20-21 Juni) itu dihadiri oleh Ketua Badan Nasional Standarisasi Pusat (BNSP) Kunjung Masehat, Bappeda, industri, Hilsi dan pemangku kepentingan di Sultra.