BLK Kendari Jawab Tantangan Wapres JK

Rabu, 21 Maret 2018 16:12 WIB 0 Komentar 74 Dilihat

Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat menyinggung bahwa pelatihan berbasis kompetensi tidak boleh hanya sebatas teori saja. Pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) juga harus mampu mempraktekkan dan menjalankan proses produksi. Hal ini diungkapkan JK saat mengunjungi forum silaturrahmi Pengurus dan mahasiswa Politeknik Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) di Solo, Jawa Tengah, akhir tahun lalu.

 

Menjawab tantangan tersebut, BLK Kendari terus meningkatkan kualitas pelatihan hingga pada level produksi. Kejuruan Teknisi audio video di BLK Kendari misalnya, tidak hanya memahami materi kejuruan secara teori saja, peserta juga sudah mampu menjalankan produksi perangkat audio sistem seperti adapter, speaker aktif, Amplifier, serta memperbaiki DVD, Tv, sampai apada level penggantian mesin.


Hasil praktik perserta pelatihan di Kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Utara tersebut diserahkn kepada pemerintah daerah dalam hal ini Camat, Lurah, atau Kades setempat dan digunakan untuk kepentingan bersama. Misalnya di Masjid, Kelurahan, atau Balai Desa.