BLK Kendari Ingatkan Pentingnya Softskill Hadapi Persaingan

Senin, 11 Februari 2019 11:54 WIB 0 Komentar 60 Dilihat

BLK Kendari Ingatkan Pentingnya Softskill Hadapi Persaingan



Kendari---Menghadapi era persaingan yang semakin kompetitif, Balai  Latihan Kerja (BLK) Kendari mengingatkan siswa BLK harus membekali diri dengan softskill agar memiliki daya saing tinggi. “Peran soft skill saat ini, semakin penting. Kompetensi dan profesionalisme tidak cukup, tapi juga harus diimbangi dengan karakter bangsa yang kuat, “ kata Kepala BLK Kendari, Herman  saat memberikan pengarahan kepada siswa saat membuka  Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di BLK Kendari, Senin (11/2/108).


Herman mengatakan SDM kompetitif hendaknya memiliki dua hal utama. Pertama, soft skill meliputi karakter, budi pekerti, etos kerja dan sebagainya. Kedua hard skill yang mencakup keterampilan dan sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. "Tetapi kuncinya tetap di karakter," lanjut Herman.


Herman mengatakan  memberikan materi softskill selama lima hari (11-15 Februari) kepada 240 orang peserta atau 15 paket pelatihan. Ke-15 paket pelatihan tersebut terdiri dari operator menjahit dasar (3 paket), perhotelan dan tata kecantikan masing-masing 2 paket. Selebihnya masing-masing 1 paket untuk pelatihan TIK, operator mesin bubut,  mekanik sepeda motor, mobil bensin, administrasi perkantoran, disain grafis, kendali berbasis PLC dan instalasi otomasi Industri.


“Materi Softskill 5S diberikan oleh instruktur BPP Kendari, “ katanya