BLK Kendari Bidik Usaha Hidroponik Jadi Obyek Wisata

Kamis, 11 Juli 2019 10:04 WIB 0 Komentar 50 Dilihat

BLK Kendari  Bidik Usaha Hidroponik Jadi Obyek Wisata



Baubau--Setelah mengikuti pendidikan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, diharapkan 13 peserta pelatihan kejuruan tanaman Hidroponik mampu membudidayakan dan mengembangkan usaha Hidyroponik menjadi obyek wisata. Harapan tersebut disampaikan oleh Kepala Kelurahan  Kaisabu, Muslimin saat menutup Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Mobile Training Unit Teknisi (MTU) kejuruan Hidroponik di BLK Kendari, Sultra, Rabu (10/7/2019).


"Kami harap peserta pelatihan akan mengembangkan usaha ini menjadi obyek wisata,  karena sudah banyak tanaman budidaya yang tumbuh,  seperti stroberi dan tomat buah, "  ujar Muslimin. 


Muslimin mengatakan berkurangnya lahan pertanian membuat orang beralih ke Hidroponik karena sistem ini tidak membutuhkan lahan yang luas seperti pertanian konvensional. "Selain itu, tanaman hidroponik juga memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi karena lebih bersih, sehat, dan bebas pestisida," katanya.

Kasi Pemberdayaan BLK Kendari Nurjayanti menambahkan selama pelatihan, peserta diberikan materi tentang pengenalan tanaman hidroponik sekaligus keunggulan menanam tanaman hidrponik dan melatih peserta untuk menanam tanaman tersebut.


"Peserta mempraktekan langsung bagaimana cara menanam, membuat instalasi hidroponik sekaligus mengolah hasil tanaman hidroponik tesebut menjadi makanan olahan dan kemasan. Diharapkan peserta bisa menerapkan di tiap wilayahnya masing-masing dan membudidayakannya, "  kata  Kasi Pemberdayaan BLK Kendari Nurjayanti didampingi oleh Kasi pelatihan dan Pemagangan Disnakertrans kota Baubau Jayadi.