BBPLK Bandung Survei Tingkat Kepuasan Industri Terhadap Lulusannya

Jumat, 29 September 2017 17:14 WIB 0 Komentar 429 Dilihat

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung menggelar survei kepuasan industri yang mempekerjakan alumni Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) BBPLK Bandung. Hal ini untuk memastikan kembali kesesuaian kompetensi yang dimiliki alumni BBPLK Bandung dengan kebutuhan dunia industri.

"Dalam kegiatan ini kami secara lembaga ingin mengetahui tentang keberadaan alumni dan posisi kerja dalam perusahaan," ujar Kepala BBPLK Bandung, Edy Hernanto, di Bandung, Jumat (29/9/2017).

Menurutnya, survei kepuasan indutri terhadap alumni BBPLK Bandung penting untuk mengukur kesesuaian pelatihan dengan kondisi pasar kerja. Hal ini juga menjadi bahan evaluasi BBPLK Bandung dalam menjalankan PBK periode selanjutnya. 

"Selain menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi untuk mencetak tenaga kerja berdaya saing, BBPLK Bandung juga terus memonitoring para alumninya yang sudah bekerja di perusahaan," katanya.

Edy mencontohkan, hari ini pihaknya memonitoring alumni BBPLK Bandung yang sudah bekerja di PT. INDONESIA TRC INDUSTRY Cikarang Selatan, Jawa Barat. Sebanyak 13 orang alumni BBPLK Bandung telah diterima bekerja di perusahaan yang memproduksi alat-alat yang digunakan di perkantoran seperti mesin fotokopi, faksimile, serta produk perlengkapan audio visual tersebut. 

"Ini (survei-red) penting untuk mengetahui apakah pihak perusahaan sudah merasa puas atas kemampuan yang dimiliki oleh para alumni dan apakah mereka memberi kontribusi positif bagi perusahaan," papar Edy.