Tingkatkan Kompetensi, Masyarakat Sekitar Ciletuh Dikirim ke BBPLK Medan

Kamis, 18 Juli 2019 06:59 WIB 0 Komentar 41 Dilihat

Tingkatkan Kompetensi, Masyarakat Sekitar Ciletuh Dikirim ke BBPLK Medan



Sukabumi--Sebanyak 15 orang peserta asal Sukabumi, siap diberangkatkan ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan untuk mengikuti pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) kejuruan Autocad 2 Dimensi (2D) dan Cookery (kepariwisataan). Ke-15 peserta yang berangkat tersebut merupakan hasil rekruitmen yang dilaksanakan oleh Tim Seleksi dari BBPLK Medan, Sumut.


"Atusias dan animo masyarakat kabupaten Sukabumi sangat tinggi sekali untuk mengikuti pelatihan dimaksud.  Tercatat dari sejumlah 55 orang yang mendaftar dan yang lolos seleksi sebanyak 15 orang, " ujar Kadisnaker kabupaten Sukabumi, Dadang Budiman di kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).


Menurut Dadang Budiman, PBK kejuruan Cookery dan Autocad 2D terlaksana berkat jalinan kerja sama dengan BBPLK Medan pasca kunjungan kerja Disnakertrans kabupaten Sukabumi ke BBPLK Medan pada tahun 2018 lalu. Kerja sama tersebut dalam rangka untuk menggali potensi pariwisata di kabupaten Sukabumi menjadi nilai ekonomis sekaligus membuka peluang kerja bagi  para pemuda dan masyarakat untuk.mengurangi angka tingkat pengangguran.  


"Banyak potensi di wilayah kabupaten Sukabumi khususnya di kawasan wisata Geopark Ciletuh, yang sangat membutuhkan tenaga kerja di bidang usaha kepariwisataan, " katanya.


Dadang Budiman berharap masyarakat sekitar wilayah Geopark, Ciletuh menjadi terlatih dan terdidik dan memiliki keahlian tertentu untuk mengembangkan kapariwisataan di daerahnya. "Sekaligus sebagai pelaku wirausaha di sektor pariwisata, bukan hanya sekedar jadi penonton, " katanya