Pemerintah Miliki Komitmen Kuat Tingkatkan Kualitas SDM

Jumat, 05 Juli 2019 10:48 WIB 0 Komentar 26 Dilihat

Pemerintah Miliki Komitmen Kuat Tingkatkan Kualitas SDM



Lobar-Direktur Bina Kelembagaan dan Pelatihan Kemnaker Fitroh Hanrahmawan menegaskan pemerintah memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Komitmen tersebut ditunjukkan Presiden Joko Widodo yang menyebut pengembangan kualitas SDM, khususnya berkaitan pendidikan dan pelatihan vokasi, akan menjadi prioritas.


“Selain itu Menaker juga telah membentuk Komite Pelatihan Vokasi guna meningkatkan koordinasi yang kuat antara pemerintah dengan industri, profesi dan akademisi serta memperluas akses dan meningkatkan mutu pelatihan vokasi, “ kata Fitroh Hanrahmawan Balai saat memberikan sambutan Sosialisasi Skill Development Center ( SDC ) di Lombok Barat, Provinsi NTB, Kamis (4/7/2019).


Fitroh menambahkan keseluruhan langkah dan upaya percepatan pengembangan kompetensi SDM sebagaimana diuraikan di atas, berskala nasional dan dengan pendekatan sektoral. Dalam praktiknya, semua kebijakan dan program pembangunan yang bersifat nasional, pelaksanaannya dilakukan ditingkat daerah. 


“Karenanya, perlu  adanya model percepatan pengembangan kompetensi SDM dengan pendekatan daerah, diantaranya melalui pembentukan Pusat, “ ujarnya.


Sosialisasi SDC yang digelar BLK Lombok Timur selama tiga hari (4-6 Juli 2019) itu dihadiri 40 orang peserta yang berasal dari unsur Akademisi ( BLK KP, LPK, SMK, KADIN), unsur pemerintah (Disnakertrans KP, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga)