Sebanyak 280 Calon Peserta PBK BLK Lotim Ikuti Seleksi

Kamis, 11 Juli 2019 09:35 WIB 0 Komentar 30 Dilihat

Sebanyak 280 Calon Peserta PBK BLK Lotim Ikuti Seleksi




Lotim--Sebanyak 280 calon peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur (Lotim) mengikuti seleksi tahap IV di Aula Antara FG, BLK Lotim, NTB, Kamis (11/7/2019). Dalam briefing, para instruktur di setiap kejuruan, memberikan gambaran singkat mengenai informasi kejuruan dan syarat yang harus dipenuhi calon peserta pelatihan.


Kepala Balai Sabar, diwakili Kepala Seksi Penyelenggara dan Pemberdayaan BLK Lotim, Khairul Ziyad dalam arahannya menjelaskan proses atau tahapan tahapan yang dilalui dalam mengikuti pelatihan di BLK Lotim. Mulai dari proses rekrutmen sampai kepada proses On the Job Training dan diwajibkan boarding atau tinggal di asrama.


"Selama pelatihan peserta tinggal di asrama selama 35-49 hari. Tergantung kejuruan yang diambil," kata Khairul Ziyad.


Khairul Ziyad menambahkan jumlah peserta PBK angkatan I dan II mencapai 300 orang peserta, ditambah 227 peserta tahap III, maka total mencapai 527 orang peserta yang telah dijaring oleh BLK Lotim.  


Ditegaskan Khairul Ziyad, usai pelatihan, peserta akan memperoleh sertifikat, yakni sertifat dari BLK, Sertifikat OJT dari Hotel atau Pihak Industri dan sertifikat Uji Kompetensi dari BNSP.  Para peserta ini akan melakukan training bukan hanya di berbagai hotel NTB, tapi juga di rumah sakit. 
"Hal ini dikarenakan kebutuhan rumah sakit akan tenaga cleaning service dan penyiapan kamar pasien juga tinggi," ujarnya.