Hadapi Pasar Kerja, BLK NTB Gelar Uji Kompetensi

Selasa, 19 Maret 2019 07:29 WIB 0 Komentar 67 Dilihat

Hadapi Pasar Kerja, BLK NTB Gelar Uji Kompetensi

 

 

Mataram—BLK NTB menggelar uji kompetensi (UJK) tahap pertama pada 14-15 Maret 2019 lalu di Balai Latihan Kerja (BLK) NTB, kota Mataram. UJK  diikuti oleh 80 siswa Pelatihan Berbasis Kompetensi dengan rincian; 48 siswa PBK kejuruan TIK; 16 siswa PBK kejuruan Garmen Apparel dan 16 siswa PBK Kejuruan Otomotif R2.

 

“Setelah itu dilajutkan  UJK-UJK tahap berikutnya dengan total  target uji sebanyak 1.408 orang sepanjang tahun 2019 . Seluruh UJK yang dilaksanakan dari sumber pendanaan APBN Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui UPTP BLK Lombok Timur, “ ujar Kepala BLK NTB Hj. Sri Wilujeng, Senin (18/3/2019).

 

Menurut Sri Wilujeng sertifikasi profesi merupakan upaya untuk memberikan pengakuan atas kompetensi yang  dikuasai seseorang sesuai dengan Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Standar Internasional atau Standar Khusus.

 

“Kompeten diartikan kemampuan dan kewenangan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan didasari oleh pengetahuan, ketrampilan dan sikap sesuai dengan unjuk kerja yang ditetapkan, “ ujar perempuan yang akrab disapa Bu Lulu tersebut.

 

Lulu menambahkan BLK NTB telah memiliki 9 Asesor kompetensi dan 8 Tempat Uji Komptensi (TUK) dari total 15 kejuruan. Nantinya akan di tambah lagi TUK-TUK lain sampai seluruh kejuruan memiliki TUK sehingga seluruh proses UJK bisa dilaksanakan di BLK NTB untuk setiap paket pelatihan yang dilaksanakan.

 

“Sehingga komitmen BLK NTB untuk menyiapkan lulusan dengan memiliki standar kompetensi nasional mampu bersaing di pasar tenaga kerja, baik bekerja pada perusahaan/industri maupun bekerja pada perusahaan sendiri (entrepreneur) tercapai, “  ujar Lulu.