BLK Kendari Gelar Pelatihan Bisnis Manajemen di Bau Bau

Senin, 02 September 2019 11:30 WIB 0 Komentar 188 Dilihat


BLK Kendari Gelar Pelatihan Bisnis Manajemen di Bau Bau



Bau Bau—BLK Kendari menggelar pelatihan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Mobile Training Unit Teknisi (MTU) kejuruan bisnis manajemen dengan materi berkomunikasi lisan dalam Bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar. Melalui pelatihan selama 35 hari/280 jam pelajaran (JP), diharapkan 16 peserta pelatihan mengerti dan menggunakan istilah ungkapak Bahasa tubuh untuk mendengarkan komentar maupun informasi.


“Bahkan melakukan pelayanan prima dalam bahasa Inggris, “ kata instruktur BLK Kendari, Maman Saputra di kelurahan Tarafu, Kecamatan Batupoaro, kota Bau Bau, Sultra, Senin (2/9/2019).


Di sisi lain, Maman Saputra mengatakan dunia usaha yang makin mengglobal, semakin banyak perusahaan lokal Indonesia yang masuk ke pasar dunia dan semakin banyak perusahaan internasional masuk ke pasar lokal. “Karenanya pengunaan bahasa Inggris menjadi bahasa bisnis, makin dirasakan sebagai suatu keharusan, “  katanya.


Maman menambahkan banyak hambatan pekerjaan terjadi, akibat kesalahpahaman dalam komunikasi dengan calon mitra bisnis dari asing. Misalnya negosiasi gagal karena salah paham dengan mitra asing, pekerjaan tertunda karena komunikasi terbata-bata dengan klien dari negara lain atau lamaran kerja di perusahaan asing ditolak karena kurangnya kemampuan berbahasa Inggris.


“Tak sedikit kesempatan kerja asama dengan perusahaan kelas Internasional batal akibat tidak bisa menyediakan tenaga kerja yang mampu berbahasa Inggris, “  katanya.