Jumat, 27 Oktober 2017 19:01 WIB 0 Komentar 371 Dilihat
Warga Brebes Sambut Hangat Program Desmigratif

Warga Brebes Sambut Hangat Program Desmigratif

Brebes - Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) yang dicanangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) disambut hangat oleh Warga Desa Kertaharja, Brebes. Selain mampu meningkatkan perlindungan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri, program ini dinilai mampu meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat. Sehingga, mampu mengurangi keinginan untuk menjadi TKI.

Hal ini ditekankan Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI, Nur Nadlifah saat mensosialisasikan kebijakan Ketenagakerjaan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
“Setiap saya diskusi dengan TKI, saya selalu bertanya kepada TKI, apakah sudah di pikir matang-matang untuk menjadi TKI,” kata Nur Nadlifah di Balai Desa Kertaharja, Brebes, Kamis, (26/10/2017).

Penjelasan Nur Nadlifah inipun disambut dengan antusias oleh warga.
Ia memaparkan, sebelum berangkat calon TKI harus mempersiapkan diri dengan baik. Baik dari segi Kompetensi, kesehatan fisik, serta pemahaman tentang bahasa dan kultur negara tujuan. 

"Sebelum berangkat ke luar negeri, ingatlah keluarga. Bagaimana masa depan anak, suami dan lain-lain," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Brebes, Ir. Bambang Susanto menjelaskan, pemerintah sejauh ini terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Kertaharja.

Sejauh ini, banyak sekali potensi-potensi masyarakat desa yang tidak bisa dikelola dengan baik, terutama persoalan kemasan dalam menjual produk.
Oleh karenanya, Pembinaan Desa Produktif tujuannya untuk melatih warga supaya bisa mengembangkan usahanya yang kemudian bisa dijual di pasar.

“Bila usahanya laris manis, maka warga akan makmur dan sejahtera,” tutup Bambang.

Lihat Berita Yang Lain

Jangkauan Program Desmigratif Harus Diperluas

31 Oktober 2018 0

rogram Desmigratif bertujuan untuk memberikan pelindungan terhadap pekerja migran yang akan bekerja ke luar negeri dan setelah bekerja dari luar negeri serta pelindungan terhadap PMI dan keluarganya.

KBRI Yordania Pulangkan 6 Pekerja Migran Indonesia Bermasalah

26 Juli 2018 0

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Amman Yordania mendampingi pemulangan (6) enam orang pekerja migran Indonesia bermasalah (PMIB) dari Amman Yordania, setelah disepakati penyelesaian [...]

Selain Lindungi TKI, Program Desmigratif Juga Berikan Manfaat Kepada Anaknya

13 Februari 2018 0

Untuk itu, program Desa Migran Produktif (Desmigratif) diharapkan mampu menanggulangi dinamika sosial tersebut bagi keluarga PMI. Melalui salah satu kegiatan utama Desmigratif, yakni community [...]