Kamis, 05 Juli 2018 13:53 WIB 0 Komentar 145 Dilihat
Selangkah Lebih Dekat Menuju Dunia Kerja

Selangkah Lebih Dekat Menuju Dunia Kerja

Depok - Suasana Job Fair Nasional 2018 yang dilaksanakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dipenuhi para pencari kerja. Terasa bahwa kehadiran negara untuk menjawab permasalahan rakyat sangat diperlukan, khususnya mengurangi pengangguran.

Antusiasme para pencari kerja untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan bisa dilihat dari wajah-wajah penuh semangat dari mereka yang datang dalam acara Job Fair. Dari 158 perusahaan yang berpartisipasi dalam acara ini setidaknya menyediakan 12.000 lowongan pekerjaan dari 19 bidang usaha.

Selain itu Kementerian Ketenagakerjaan menyediakan layanan informasi yang berkaitan dengan pelatihan ketenagakerjaan seperti Balai Latihan Kerja (BLK), penempatan tenaga kerja baik di dalam maupun di luar hubungan kerja/job matching, program perluasan kesempatan kerja (pelatihan barista) serta seminar ketenagakerjaan.

Seminar kedua yang diadakan hari ini disampaikan oleh Dhina Restuti Mahanani dari Jobs DB dengan tema "One Step Closer to Working Environment". Untuk mendukung skil, pencari kerja bisa mengikuti pelatihan baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah seperti; Pemagangan, Wirausaha Produktif, bisa juga mengikuti pelatihan dari swasta ataupun bisa belajar otodidak di media sosial. "Pencari kerja harus smart", sarannya.

Semakin berkembangnya teknologi informasi, pencari kerja harus lebih multi-tasking dan mempunyai skil yang lebih, serta kemampuan berkomunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi yang baik merupakan kebutuhan dasar dalam bekerja. Pun perusahaan sudah bisa mencari informasi calon pekerja lewat sosial media dan media lain.

Datin Binapenta dan PKK