Kamis, 05 Juli 2018 13:03 WIB 0 Komentar 113 Dilihat
Penghargaan Bagi 10 Perusahaan yang Mempekerjakan Tenaga Kerja Disabilitas

Penghargaan Bagi 10 Perusahaan yang Mempekerjakan Tenaga Kerja Disabilitas

Depok - Dengan hadirnya Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, merupakan jaminan keberlangsungan hidup setiap warga negara yang mempunyai kedudukan hukum dan memiliki hak asasi manusia yang sama sebagai warga negara Indonesia, untuk hidup maju dan berkebang secara adil dan martabat.

Atas dasar Undang-undang Nomor 8 inilah Kementerian Ketenagakerjaan hadir untuk menjawab permasalahan diatas dengan memberikan penghargaan bagi perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja disabilitas.

Bukti konkrit yang bisa dilakukan yaitu pemberian penghargaan kepada 10 perusahaan dalam acara pembukaan Job Fair Nasional 2018 dari Menteri Ketenagakerjaan, yang diwakilkan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Ir. Maruli A. Hasoloan, P.hD. 10 Perusahaan tersebut adalah  1) PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Kota Surakarta, 2) PT. Kanindo Makmur Jaya, Kab. Jepara, 3) PT. United Farmatic Indonesia, Jawa Timur, 4) PT. Samwon Busana Indonesia, Kab. Jepara, 5) PT. Primayudha Mandiri Jaya, Kab. Boyolali, 6) PT. Komitrando Emporio, Kab. Bantul, 7)PT. Giat Usaha Dieng, Kab. Kubu Raya, 8) PT. Sandang Asia Maju Abadi, Jawa Tengah, 9) PT. Ubud Corner, Kab. Gianyar dan 10)PT. Mitra Makmur, Kota Tarakan.

Proses seleksi perusahaan penerima peghargaan dilakukan dengan metoda survey dan verifikasi atas dasar aspek penempatan tenaga kerja penyandang disabilitas. Hal ini sesuai pasal 53 (2) Perusahaan wajib mempekerjakan paling sedikit 1% (satu persen) penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja.

Datin Binapenta dan PKK