Kamis, 05 Juli 2018 11:16 WIB 0 Komentar 111 Dilihat
Pahami Hak dan Kewajiban Pekerja

Pahami Hak dan Kewajiban Pekerja

Depok - Pentingnya pengetahuan dan pemahaman perihal hubungan kerja sangat dibutuhkan. Ada baberapa hal yang perlu diketahui baik oleh pemberi kerja/perusahaan maupun penerima kerja/pekerja, seperti yang berkaitan dengan perjanjian kerja antara pemberi kerja/perusahaan dan penerima kerja/pekerja.

Melalui Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) Nasional ke-XVII Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melaksanakan seminar bertema "Kenali Hak dan Kewajibanmu Sebagai Pekerja", yang disampaikan oleh Widya Iswara Kemnaker, Sahat Sinurat, S.H., M.H. Dalam seminar tersebut beliau menekankan tentang pentingnya para pencari kerja untuk mengetahui hak dan kewajibannya.

"Banyak hal yang akan terjadi dalam proses hubungan kerja. Maka kalian harus kenal akan apa hak dan kewajiban sebagai pekerja", imbau Pak Sahat. Untuk mengenali hak dan kewajiban tersebut, banyak yang perlu diketahui seperti perjanjian kerja, kontrak kerja, perselisihan kerja dan harus melapor kemana apabila apa permasalahan dalam proses bekerja.

Dalam sesi tanya jawab, seorang peserta seminar menceritakan tentang rekannya yang mengalami penipuan oleh oknum perusahaan, namun tidak tau harus melaporkan kejadian tersebut. Diakui oleh Pak Sahat bahwa selama ini berkembang penipuan yang dilakukan oleh oknum mengenai lowongan kerja, biasanya oknum tersebut mengatasnamakan perusahaan baik milik pemerintah maupun swasta. "Laporkan ke Dinas Tenaga Kerja setempat atau langsung ke Kemnaker", tegas pak Sahat.

Kemnaker memiliki Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) yang melayani diantaranya pengaduan masalah ketenagakerjaan. PTSA juga melayani informasi lain yang berhubungan dengan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Pekerja Migran Indonesia, Hubungan Industrial, Pelatihan Tenaga Kerja dan Pengawasan Ketenagakerjaan.

Datin Binapenta dan PKK