Minggu, 14 Mei 2017 13:26 WIB 0 Komentar 614 Dilihat
Pesantren Harus Bekali Alumninya dengan Kompetensi

Pesantren Harus Bekali Alumninya dengan Kompetensi

Bekasi - Pondok pesantren dikenal sebagai salah satu lembaga pendidikan yang sudah cukup lama menjadi bagian sejarah Indonesia. Lembaga pendidikan yang umumnya berbasis keagamaan ini diharapkan terus eksis dalam dinamika pembangunan nasional. Salah satunya dengan membekali keterampilan kepada alumninya.


"Pesantren juga mulai memoles alumni-alumninya ini dengan seperangkat keterampilan. Jadi komplet. Jadi kalau di dunia kerja itu ada softskill dan hardskill," kata Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri saat memberikan sambutannya di Pondok Pesantren An-Nur Bekasi Utara, Kota Bekasi pada hari Minggu (14/5/2017).


Menurutnya, manusia kompetitif saat ini harus memiliki 2 hal utama. Yakni soft skill yang meliputi karakter, budi pekerti, etos kerja dan sebagainya. Serta hard skill yang mencakup keterampilan dan sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.


"Tetapi kuncinya tetep di karakter," lanjut Menaker menjelaskan.


Karakter kuat yang menurut Menaker menjadi ciri khas dari lulusan pesantren, pembentukannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Berbeda dengan keterampilan yang bisa dicapai dalam waktu yang relatif lebih sebentar.


"Nah itulah kenapa pesantren harus terus kita ramaikan," ujar Menaker.


Keterampilan, sertifikasi kompetensi, dan karakter memanglah sama-sama penting sebagai bekal menuju manusia yang berdaya saing. Untuk itu, pesantren diharapkan terus menjadi bagian penting dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan unggul.


"Sehingga generasi‚Äč-generasi bangsa Indonesia, kedepan ini adalah generasi-generasi yang memiliki karakter yang kuat, akhlak yang kuat, budi pekerti yang kuat," paparnya.

Lihat Berita Yang Lain

Kemnaker-Singapura Polytechnic Kerjasama Tingkatkan Kualitas Pelatihan SDM

04 April 2018 0

Singapura - Kementerian Ketenagakerjaan melanjutkan kerjasama dengan Singapore Polytechnic International (SPI) untuk meningkatkan kualitas pelatihan SDM Indonesia yang telah terjalin  sejak [...]

BLK Lotim Mampu Cetak Alumni Berstandar Kompetensi Internasional

22 Maret 2018 0

Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat secara kelembagaan baru berdiri pada Oktober 2015. Meski baru seumur jagung, BLK Lotim sudah mampu mencetak alumni pelatihan [...]

Jawab Tantangan Revolusi Industri 4.0, Ini 3 Pilar Percepatan Peningkatan Kompetensi

22 Maret 2018 0

Lombok Timur--Indonesia tengah memasuki era revolusi industri 4.0 dimana ada beberapa jenis pekerjaan lama yang hilang dan beberapa jenis pekerjaan baru yang muncul. Menyikapi hal tersebut [...]