Rabu, 17 Februari 2016 15:31 WIB 0 Komentar 649 Dilihat
Menaker Berencana Tambah Alokasi Anggaran untuk Pelatihan Kerja

Menaker Berencana Tambah Alokasi Anggaran untuk Pelatihan Kerja

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Muhammad Hanif Dhakiri, saat memberikan sambutan pada Sustainable Development Goals (SDGs) Conference di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (17/2).


"Kemnaker sedang mendesain ulang BLK dalam rangka meningkatkan akses dan mutu pelatihan kerja," kata Menaker Hanif.


Menurut Menaker Hanif, Peningkatan akses dan mutu BLK perlu dilakukan. Pasalnya, hal tersebut dapat mendorong percepatan peningkatan kompetensi dan sertifikasi kerja.


"Peningkatan Akses & Mutu Pelatihan Kerja Dapat Mendorong Percepatan Peningkatan Kompetensi & Sertifikasi Profesi," tutur Menaker Hanif.


Guna mendukung program tersebut, Menaker Hanif berencana meningkatkan anggaran untuk pelatihan kerja. Sebab, selama ini alokasi dana untuk pelatihan kerja masih minim, yaitu di bawah 0,1 persen.


"Dari anggaran pelatihan kerja secara nasional, kita masih kurang dari 0,1 persen dari total budget. Sementara di negara lain bisa sampai 1-2 persen. Idealnya, seperempatnya bisa difokuskan untuk pelatihan kerja di semua sektor," ujar Menaker Hanif.


Menaker Hanif menilai, pelatihan kerja perlu digalakan. Sebab, pelatihan kerja merupakan jalan pintas atau solusi cepat untuk mendorong 122 juta angkatan kerja Indonesia yang masih didominasi lulusan SMA ke bawah untuk segera terserap ke pasar kerja.


"Terobosannya menurut saya adalah penguatan akses dan mutu dari pelatihan kerja. Sehingga kita bisa melakukan percepatan dalam rangka menghadapi kompetisi baik MEA maupun arena kompetisi internasional lain. Hal itu bisa kita lakukan apabila politik anggaran kita bisa lebih berpihak kepada pelatihan kerja," ucap Menaker Hanif.

Lihat Berita Yang Lain

Kemnaker dan GP Ansor Kerjasama Berangkatkan 1000 Pemagang ke Jepang

09 Mei 2017 0

Jakarta--Kementerian Ketenagakerjaan bekerja sama dengan  Gerakan Pemuda (GP) Ansor mempersiapkan keberangkatkan 1000 anggota untuk mengikuti program pemagangan ke Jepang. 

Butuh Sinergi Banyak Pihak Untuk Optimimalkan Program Pemagangan

19 Mei 2017 0

Dalam ranga meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI terus mengenjot sejumlah program unggulan terutama pemangan dan pelatihan kerja di Balai [...]

Pesantren Harus Bekali Alumninya dengan Kompetensi

14 Mei 2017 0

Bekasi - Pondok pesantren dikenal sebagai salah satu lembaga pendidikan yang sudah cukup lama menjadi bagian sejarah Indonesia. Lembaga pendidikan yang umumnya berbasis keagamaan ini diharapkan terus [...]