Kamis, 20 Oktober 2016 12:36 WIB 0 Komentar 174 Dilihat
Sosialisasi Pentingnya K3 Untuk TKI di Singapura

Sosialisasi Pentingnya K3 Untuk TKI di Singapura

Singapura – Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya implementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di lingkungan kerja, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura menyelenggarakan sosialisasi K3 bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Singapura, khususnya yang berprofesi sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT).

Sosialisasi K3 bagi TKI yang menjadi PLRT di Singapura dinilai sangat penting, mengingat jumlah PLRT yang bekerja cukup besar. Selain itu, informasi mengenai K3 yang didapat oleh mereka yang berprofesi sebagai PLRT dinilai masih minim.

Dalam melaksanakan sosialisasi yang bertajuk ‘Safety Awareness’ ini, KBRI Singapura menggandeng sejumlah mitra, diantaranya Neighbourhood Police Center (NPC), Ministry of Manpower (MOM), Building and Construction Authority (BCA), serta Nasional Environment Agency (NEA).

Dengan dilaksanakannya sosialisasi K3 tersebut, diharapkan safety awareness TKI terhadap persoalan kesehatan dan keselamatan kerja pun meningkat. Safety awareness sangat penting untuk menjalin hubungan kerja yang harmonis dan saling memberikan perlindungan. Selain itu, dengan adanya safety awareness turut mencegah dari hal yang dapat merugikan dua belah pihak, baik PLRT maupun majikannya.

Selain sosialisasi tentang pentingnya K3, pada kesempatan tersebut juga diberikan informasi dan himbauan kepada PLRT atas kewaspadaan terhadap beberapa kejahatan yang mengakibatkan kerugian yang saat ini sedang marak terjadi. Di antara kejahatan yang sering terjadi saat ini adalah penipuan melalui SMS, telepon atau cyber crime yang mengatas namakan pihak tertentu yang mana dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Lihat Berita Yang Lain

TKI Legal Prosedural: Aman, Selamat, Sejahtera

07 April 2017 0

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam rangka mencegah TKI nonprosedural tersebut. Salah satunya yaitu melalui Satuan Tugas Pencegahan TKI nonprosedural

Penempatan TKI Secara Ilegal dan Human Trafficking Akan Terus Diperangi

06 April 2017 0

enurut Sekjen Kemnaker, adanya aktivitas orang yang tidak bertanggungjawab menyebabkan kasus TKI ilegal identik dengan human TPPO. Hanya saja, ada entitas yang sangat jelas membedakannya.

Penempatan dan Perlindungan TKI Harus Menjadi Bagian Dari Isu Ketenagakerjaan Secara Keseluruhan

22 Maret 2017 0

Saat ini, sistem pasar kerja di berbagai negara terus berkembang sangat dinamis. Oleh karenanya, persoalan penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri harus [...]