Selasa, 25 Oktober 2016 17:00 WIB 0 Komentar 227 Dilihat
Revitalisasi Pendidikan Vokasi Selaraskan Pendidikan Dengan Dunia Industri

Revitalisasi Pendidikan Vokasi Selaraskan Pendidikan Dengan Dunia Industri

Jakarta – Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan daya saing masyarakat Indonesia, pemerintah menekankan perlunya revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi. Revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi sangat penting, untuk menyelaraskan kompetensi yang dimiliki tenaga kerja dengan kebutuhan tenaga kerja oleh dunia usaha dan industri.

“Harus ada konsep yang jelas. Bahwa 60-70 persen dari kegiatan itu bukan hanya di kelas. Tapi harusnya praktik dan magang dan seterusnya,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam konferensi pers ‘Dua Tahun Kerja Nyata Jokowi-JK’ yang diselenggarakan Kementerian Kominfo RI bersama Kantor Staf Presiden di Gedung Bina Graha, Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Menurutnya, kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) perlu diubah agar memenuhi modul pelatihan kejuruan tertentu. Sehingga, peserta didik SMK dalam waktu pendidikan tiga tahun dapat menguasai kompetensi per jurusan.

“Tahun pertama dia harus punya kompetensi yang jelas dan punya sertifikat kompetensi kalau dia lulus tentu saja,” jelas Menko Darmin.

Saat ini, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI (Kemenko Perekonomian) tengah menyiapkan blue print (cetak biru) revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi tersebut. Diharapkan, blue print tersebut mampu menutup jarak antara kebutuhan perusahaan dengan hasil penyedia pelatihan yang telah ditingkatkan kualitasnya.

“Selain itu, cetak biru juga akan mendukung jaminan kualitas untuk penyedia pelatihan dan pekerja yang potensial guna meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM),” papar Menko Darmin.

Lihat Berita Yang Lain

BLK Ambon Tingkatkan Sinergi dengan Dunia Industri

28 September 2017 5

Balai Latihan Kerja (BLK) Ambon terus meningkatkan sinergi dengan dunia industri. Upaya ini dilakukan dengan dibentuknya Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri Daerah (FKLPID) BLK Ambon.

Menaker Ajak Tim Komite Pelatihan Vokasi "Belajar" Vokasi ke Singapura

15 September 2017 0

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri melakukan kunjungan kerja  ke Singapore Polytechnic International (SPI) di Singapura  pada Jumat 15 Sept 2017.

Menaker Hanif: Penguatan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Jadi Prioritas Pemerintah

12 September 2017 1

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri memaparkan sejumlah tantangan perkembangan dunia kerja di Indonesia. Menurutnya, dunia kerja Indonesia saat ini banyak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi [...]