Kamis, 31 Maret 2016 14:47 WIB 0 Komentar 270 Dilihat
Pemkab Purwakarta Kembangkan Sistem Informasi Lowongan Kerja

Pemkab Purwakarta Kembangkan Sistem Informasi Lowongan Kerja

Menyikapi banyaknya keluhan warga Kabupaten Puwakarta, Jawa Barat terkait terbatasnya penerimaan tenaga kerja di daerah tersebut, membuat Pemerintah Kabupaten Purwakarta memilih akan mengembangkan Sistem Informasi Lowongan Kerja Terbuka. 


"Kelemahan sistem tenaga kerja kita saat ini, pola rekrutmennya masih tertutup, jadi perlu sistem baru," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di Purwakarta, seperti dilansir ANTARA Rabu (30/2/2016).


Selama ini informasi lowongan kerja hanya dapat diakses di lingkungan sekitar pabrik dan orang-orang tertentu saja karena tertutupnya pola rekrutmen tenaga kerja selama ini. Lebih dari itu, informasi tenaga kerja tersebut hanya bisa diakses oleh oknum yang mencari keuntungan dari rekrutmen tenaga kerja.


Oleh karena itu, dirasa perlu untuk menerapkan sistem rekrutme tenaga kerja yang baru yakni sistem secara terbuka melalui online. Dengan diterapkannya sistem tersebut, diharapkan siapa pun bisa mengakses informasi lowongan kerja.


"Tetapi dengan catatan, warga asli Purwakarta tetap harus prioritas untuk diterima bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di Purwakarta," ujar Dedi.


Melalui sistem rekrutmen secara terbuka itu, semua lowongan kerja yang ada di seluruh perusahaan sekitar Purwakarta bisa mengakses informasi lowongan kerja di website resmi Pemkab Purwakarta, yakni www.purwakartakab.go.id.


Bupati Purwakarta ini mengaku menerima keluhan atau laporan seputar terbatasnya informasi tenaga kerja secara langsung melalui SMS Center serta akun media sosial miliknya.


"Sering sekali saya menerima 'mention' di twitter dari follower yang meminta pekerjaan, komentar di facebook juga begitu, saya "posting" apa, mereka komentarnya soal lowongan pekerjaan. Ini persoalan yang harus segera diselesaikan," pungkas Dedi.