Rabu, 11 Januari 2017 16:33 WIB 0 Komentar 158 Dilihat
Pemerintah Bentuk Satgas Usut Perbudakan Pekerja Indonesia Di Kapal Taiwan

Pemerintah Bentuk Satgas Usut Perbudakan Pekerja Indonesia Di Kapal Taiwan

Dalam rangka menindaklanjuti kasus perdagangan orang dan perbudakan tenaga kerja Indonesia di kapal Taiwan, Pemerintah Indonesia berencana membentuk satuan tugas (Satgas) untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Untuk itu, Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian perhubungan serta Badan Reserse Kriminal Markas Besar Polri melakukan rapat koordinasi pada Selasa, 10 Januari 2017 untuk membahas hal tersebut. 


"Arahnya, kami akan membuat satuan tugas," ucap Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binnapenta dan PKK) Kemnaker, Hery Sudarmanto seperti dilansir, tempo.co, di Jakarta, Selasa (10/1/2017). 


Menurut Hery, pertemuan tersebut membahas praktek kejahatan kemanusiaan sesuai dengan hasil investigasi majalah Tempo edisi 8-15 Januari 2017. Selain itu, pertemuan tersebut juga menghasilkan kesepakatan berupa pembentukan tim untuk menyelidiki perusahaan yang diduga merekrut, menyalurkan, dan mempekerjakan anak buah kapal (ABK) secara ilegal. 


"Kami mencari siapa pelaku kejahatan ini," ujarnya. 


Ia menambahkan, sejauh ini pihaknya juga sudah menghubungi perwakilan Indonesia di Taiwan untuk membantu proses penyelidikan. "Kalau memang terbukti kejahatan itu terjadi, kami akan meminta perusahaan itu diberi sanksi," ucapnya. 


"Arahan Pak Menteri jelas, yaitu cari pelakunya dan cari pemecahannya agar kejadian ini tak terulang.” tukas Hery.

Lihat Berita Yang Lain

Tim Sidak Kemnaker Temukan 7 Calon TKI Ilegal di Jaktim

08 November 2017 0

Jakarta—Tim sidak Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama Satgas TPPO Bareskrim Polri menggerebek tempat penampungan calon TKI Ilegal di Batu Ampar, Jakarta Timur.

Kemnaker Kembangkan Potensi Lokal Pedesaan Melalui Pelatihan Produktivitas

02 November 2017 1

Serang -- Masyarakat Desa Lontar Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang Provinsi Banten mengikuti Program Pembinaan Desa Produktif yang diselenggarakan Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) [...]

240 Petugas Desmigratif Pastikan Migrasi Aman Bagi Pekerja Migran

01 November 2017 0

JAKARTA – Sebanyak 240 Petugas Desa Migran Produktif (Desmigratif) dari seluruh Indonesia mengikuti bimbingan teknis caca bermigrasi yang aman bagi calon pekerja migran atau Tenaga Kerja [...]