Kamis, 29 Desember 2016 18:30 WIB 0 Komentar 166 Dilihat
Menkumham Tegaskan Isu Serbuan TKA China Itu Hoax

Menkumham Tegaskan Isu Serbuan TKA China Itu Hoax

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menegaskan bahwa isu serbuan 10 juta tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok tidak benar. Sebab menurutnya, jumlah TKA asal China di Indonesia hanya sekitar 20 ribuan atau jauh di bawah angka yang tersebar luas di masyarakat.


"Yang buat informasi 10 juta kita diserbu TKA Tiongkok. Itu hoax. Itu kan sudah dibilang Menkominfo sudah ketahuan siapa yang blow up, sekarang banyak yang hoax-hoax," ujar Yasonna dalam keterangan pers Reflekasi Akhir Tahun di kantornya, seperti dilansir JawaPos, Kamis (29/12).


Menurutnya, jumlah TKA asal Tiongkok yang tercatat di Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia hanya berjumlah 21 ribu dari keseluruhan TKA di Indonesia yang berada di kisaran angka 70 ribuan. Sedangkan terkait data yang tercatat di Keimigrasian diamana terdapat 31 ribu TKA Tiongkok, semua itu lantaran imigrasi turut mencatat seluruh perlintasan para TKA Tiongkok tersebut.


"Yang kerja itu 21 ribu kan kadang-kadang keluar masuk misal dia pulang, jadi data perlintasan tentu lebih besar. Karena perlintasan transaksi. Itu yang jadi perbedaan angka kita," terangnya.


Menkumham sangat menyayangkan pihak yang menyebarkan informasi palsu tentang jumlah TKA China di Indonesia. Ia menilai hal itu sebagai bentuk provokasi dan ia meminta penegak hukum untuk memproses pelaku penyebar hoax tersebut untuk dimintai keterangan lebih lanjut tentang motifnya.


"Jadi tidak benar apa yang dikatakan, ada hoax yang menyatakan kita diserbu, kalian rasakan ada 10 juta enggak? Tolonglah klarifikasi, tindak kalau nggak ada buktinya. Ini ada maksud-maksud provokasi," pungkas Yasonna.

Lihat Berita Yang Lain

Menangkal Virus Hoax Serbuan TKA China Ilegal

09 Januari 2017 0

Untuk kali ketiga dalam kurun waktu 2015-2016 isu serbuan Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal asal Tiongkok kembali mencuat ke permukaan. Beberapa pihak termasuk Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) [...]

Menaker Imbau Masyarakat Untuk Lebih Kritis Dalam Menyerap Informasi

03 Januari 2017 0

Akhir-akhir isu seputar keberadaan TKA di Indonesia memang gencar diberitakan dan dibicarakan. Bahkan, isu-isu yang beredar juga diasosiasikan dengan isu SARA. Oleh karenanya, masyarakat harus [...]

Kapolri Minta Masyarakat Tak Khawaitkan Isu TKA Lagi

29 Desember 2016 0

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan bahwa isu Tenaga Kerja Asing (TKA) tak berizin asal China sudah selesai dan sudah diklarifikasi oleh pihak kementerian dan instansi terkait sehingga tidak [...]