Senin, 27 Februari 2017 18:58 WIB 0 Komentar 559 Dilihat
Menaker: Pekerja Merupakan Aset yang Harus Dijaga dan Dilindungi

Menaker: Pekerja Merupakan Aset yang Harus Dijaga dan Dilindungi

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengungkapkan bahwa pekerja merupakan aset yang harus dijaga dan dilindungi. Oleh karenanya, jika terjadi persoalan hubungan industrial antara perusahaan dan pekerja, kedua belah pihak harus mengedepankan dialog dalam menyelesaikan persoalan bersama tersebut.

 
Hal ini disampaikan Menaker, saat menerima audiensi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPKEP SPSI), di kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Jakarta Selatan, Senin (27/2).

 
"Kita mendorong proses perundingan baik-baik," ujar Menaker.

 
Ia menegaskan, semua perusahaan yang beroperasi di Indonesia wajib tunduk dan patuh kepada peraturan perundang-undangan.

 
Selain itu, Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrialal dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (PHI dan Jamsos) Kemnaker RI, Haiyani Rumondang menambahkan, pihaknya sudah melayangkan surat kepada PT. Freeport Indonesia (PT. FI) untuk membuka ruang dialog dengan pekerja dalam menyelesaikan persoalan hubungan industrial yang ada. 

 
"Kami sudah melakukan komunikasi dengan PT. FI, 16 Februari kami surati langsung PT. FI," papar Haiyani. 

 
Haiyani menegaskan, setiap perusahaan harus mengedepankan dialog baik dengan Dinas Tenaga Kerja, maupun dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh dalam menyelesaikan persoalan hubungan industrial.

 
"Dialog Bipartiti (dialog antara perusahaan dan buruh) wajib," pungkas Haiyani. 

Lihat Berita Yang Lain

Kemnaker Tinjau Pelayanan Pekerja Migran di LTSA Provinsi NTT

13 Juli 2018 0

Kupang -- Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Irianto Simbolon dan Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (PPTKLN) Soes [...]

Cegah Kanker Serviks Sejak Dini, Ribuan Pekerja Perempuan di Cikarang akan di Tes IVA

11 Juli 2018 0

Sebanyak 1.300 tenaga kerja perempuan di Cikarang, Bekasi  akan mengikuti tes Inspeksi Visual Asetat (IVA). Tes yang digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI, Organisasi Aksi Solidaritas Era [...]

Sebanyak 583 Pekerja Migran Indonesia di Singapura Berhasil Diwisuda

09 Juli 2018 1

Singapura -- Sebanyak 583 Pekerja Migran Indonesia (PMI) berhasil lulus dan diwisuda setelah mengikuti kursus pelatihan keterampilan kerja yang diadakan Pusat pendidikan dan Pelatihan Kerja (P3K) [...]