Rabu, 03 Oktober 2018 13:35 WIB 0 Komentar 1203 Dilihat
Menaker Ingatkan Pekerja Pentingnya Penguasaan Bahasa Asing

Menaker Ingatkan Pekerja Pentingnya Penguasaan Bahasa Asing

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengingatkan para pekerja Indonesia agar meningkatkan kemampuan dan penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris untuk menunjang pekerjaannya.

“Peningkatan kemampuan berbahasa asing dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan.  Apalagi saat ini dunia menjadi semacam desa global sehingga SDM Indonesia juga harus menguasai bahasa asing,” kata Menaker M. Hanif Dhakiri saat menghadiri launching program “English for Indonesia di Kedubes Inggris Jakarta, pada Selasa (2/10/2018). 

Menaker Hanif mengatakan selain memiliki skill tertentu dalam dunia kerja, penguasaan berbahasa asing juga penting. Terutama bahasa Inggris yang dipakai dalam banyak jenis pekerjaan. 

"Kita melihat kondisi SDM di Indonesia salah satu kelemahannya adalah bahasa. Kelemahan lainya pada umumnya adalah manajemen leadership dan  computer,” kata Hanif.

Oleh karena itu, Hanif meminta para pekerja Indonesia yang bekerja di dalam dan luar negeri dapat memaksimalkan program “English for Indonesia” yang menyediakan platform belajar bahasa inggris gratis. 

"Platform ini berkualitas dan gratis, memberikan kesempatan kepada angkatan kerja belajar gratis dan meningkatkan daya saing tenaga kerja. Kompetensi teknis dan bahasa harus berjalan beriringan," katanya. 

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam malik, mengatakan program English for Indonesia merupakan kerjasama antara British Council dan Kedutaan Besar Inggris untuk memberikan sumber belajar mengajar yang berkualitas dan bebas biaya. Rancangan materinya disesuaikan untuk belajar dan megajar di semua jenjang usia. 

Ada 4 situs web LearningEnglish yang bisa diakses masyarakat dengan gratis untuk belajar berbahasa inggris. LearnEnglishKids untuk anak-anak beserta orang tua, LearnEnglishTeens untuk remaja, LearnEnglish untuk dewasa, dan TeachingEnglish untuk guru.

"English for Indonesia memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk mengakses materi belajar dan mengajar bahasa inggris kelas dunia secara gratis" kata Dubes yang fasih berbahasa Indonesia ini. 

Biro Humas Kemnaker RI

Lihat Berita Yang Lain

Selamat! Delegasi Indonesia Raih 6 Emas dan 3 Perak di Abu Dhabi

03 Desember 2018 0

Jakarta- Delegasi Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan mendapatkan 6 Emas dan 3 Perak pada perhelatan World Skills Asia (WSA) 2018 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kompetisi yang [...]

Permenaker Jaminan Sosial bagi Pekerja Migran Segera Diteken

29 November 2018 0

Jakarta--Setelah melalui pembahasan panjang dengan melibatkan  pemangku kepentingan terkait (stakeholder), Menteri Ketenagakerjaan  M Hanif Dhakiri akan segera menandatangani Peraturan [...]

Pemerintah Resmikan Layanan Terpadu bagi Pekerja Migran di Banyuwangi

28 November 2018 0

Banyuwangi -- Dalam upaya meningkatkan pelayanan dan pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Pemerintah kembali meresmikan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa [...]