Rabu, 25 Mei 2016 14:39 WIB 0 Komentar 176 Dilihat
Komitmen Pemkab Gianyar Perluas Kesempatan Kerja

Komitmen Pemkab Gianyar Perluas Kesempatan Kerja

Masih relatif tingginya angka pengangguran menjadi persoalan tersendiri bagi pemerintah baik pusat maupun daerah. Segala bentuk upaya perluasan kesempatan kerja seperti job fair terus di galakkan pemerintah sebagai salah satu instrumen percepatan penyerapan tenaga kerja. 


Merujuk data tahun 2015 Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gianyar, jumlah angkatan kerja di kabupaten ini mencapai angka 279.983 orang. Dri jumlah tersebut, penduduk yang sudah bekerja berada di kisaran angka 276.754 orang, sedangkan jumlah penduduk yang masih menganggur mencapai angka 3.184 orang. Dengan kondisi demikian, tingkat partisipasi angkatan kerja pada tahun 2015 sebesar 72,22 persen dan pengangguran sesesar 1,17 persen. 


"Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang sesuai keinginan, tidak sesuainya harapan pencari kerja dengan gaji yang ditawarkan, dan tidak sesuainya intelektual seseorang dengan lapangan kerja yang tersedia," ujar Bupati Gianyar A. A. Gde Agung Bharata dalam sambutannya saat membuka acara job fair Kabupaten Gianyar 2016, yang dibacakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gianyar, Gede Widarma Suharta, di Gianyar, Bali, Rabu (25/5/2016).


Menurutnya, persoalan pengangguran harus segera ditanggulangi agar tidak menimbulkan masalah, terutama berkurangnya tingkat produktivitas dan pendapatan masayarakat yang pada akhirnya menyebabkan gejolak sosial dan kemiskinan. Melihat fenomena masih tingginya angka pengangguran ini, Pemerintah Kabupaten Gianyar menggagas upaya-upaya dalam rangka menekan angka pengangguran melalui rencana yang terkoordinasi, terpadu dan berkesinambungan. 


"Hal tersebut dilakukan dengan mengimplementasikan komitmen dalam bentuk usaha yang serius dari seluruh kalangan, yakni instansi pemerintah, dunia usaha, dan seluruh komponen masyarakat, untuk mengatasi penggangguran. Implementasi komitmen tersebut salah satunya diwujudkan dengan melakukan perluasan kesempatan kerja, seperti pameran bursa kerja atau job fair yang dilakukan pada hari ini," paparnya.


Ia menambahkan, pameran kesempatan kerja atau job fair telah terbukti memberikan konstribusi yang sangat besar bagi tenaga kerja dalam memperoleh informasi dan peluang kerja. Selain itu, job fair juga memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang diperlukan, sehingga penyelenggaraan job fair selalu dinanti-nanti tiap tahunnya.


"Lokasi tempat pelaksanaan Job Fair ini adalah areal Kantor Layanan Terpadu Satu Pintu atau LTSP Penempatan, Perlindungan dan Perluasan Kesempatan Kerja Kabupaten Gianyar," papar Bupati Gianyar. 


Untuk diketahui, Kantor LTSP Gianyar dibentuk dalam rangka mengoptimalkan kwalitas layanan sehingga menjadi lebih fokus dan terkonsentrasi. Seluruh pelayanan dokumen ketenagakerjaan yang menjadi kewenangan Disnakertrans, Disdukcapil, Kantor Imigrasi, Kepolisian, BP3TKI, PPTKIS, LPKS, Dinas Kesehatan, RSUD terfokus pada satu titik lokasi pelayanan. 


"Pembentukan layanan ketenagakerjaan dengan pola pelayanan terpadu satu pintu, merupakan wujud nyata dan komitmen Pemerintah Kabupaten Gianyar, untuk memberikan layanan prima, dan sekaligus memenuhi tuntutan tenaga kerja Gianyar. Layanan Terpadu Satu Pintu ini, akan mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada tenaga kerja, serta memperpendek proses pelayanan, guna mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau." pungkas Bupati Gianyar.

Lihat Berita Yang Lain

Selamat! Delegasi Indonesia Raih 6 Emas dan 3 Perak di Abu Dhabi

03 Desember 2018 0

Jakarta- Delegasi Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan mendapatkan 6 Emas dan 3 Perak pada perhelatan World Skills Asia (WSA) 2018 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kompetisi yang [...]

Permenaker Jaminan Sosial bagi Pekerja Migran Segera Diteken

29 November 2018 0

Jakarta--Setelah melalui pembahasan panjang dengan melibatkan  pemangku kepentingan terkait (stakeholder), Menteri Ketenagakerjaan  M Hanif Dhakiri akan segera menandatangani Peraturan [...]

Pemerintah Resmikan Layanan Terpadu bagi Pekerja Migran di Banyuwangi

28 November 2018 0

Banyuwangi -- Dalam upaya meningkatkan pelayanan dan pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Pemerintah kembali meresmikan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa [...]