Senin, 10 Oktober 2016 16:10 WIB 0 Komentar 98 Dilihat
Kemnaker Resmikan Layanan Terpadu Satu Pintu Bagi TKI di  Indramayu

Kemnaker Resmikan Layanan Terpadu Satu Pintu Bagi TKI di Indramayu

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI bekerja sama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ( BNP2TKI) serta Pemda Indramayu, meresmkian pengoperasian Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) Penempatan dan Perlindungan Tenaga Keja Indonesia  (TKI) di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Senin (10/10).

Direktur Jenderal Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapentasker) Kementerian Ketenagakerjaan Hery Sudarmanto mengatakan pembentukan LTSP untuk memastikan kualitas layanan pengurusan dokumen bagi TKI yang akan bekerja ke luar negeri sehingga proses penempatan dan perlindungan TKI  menjadi lebih  optimal.

“Pembentukan LTSP ini untuk meningkatkan pelayanan  terpadu yang mudah, murah, aman, berkualitas dan cepat dalam rangka penempatan dan perlindungan TKI serta menghindari  praktek percaloan sehingga masyarakat mendapat pelayanan  cepat dan  nyaman,” kata Dirjen Binapentasker Kemnaker Hery Sudarmanto dalam keterangan pers Biro Humas Kemnaker di Jakarta pada Senin (10/10).

Turut hadir dalam kesempatan ini Bupati Indramayu Anna Sophanah serta Kepala BNP2TKI Nusron Wahid. Indramayu merupakan salah satu basis pengiriman TKI terbesar di Indonesia

Hery menambahkan dengan adanya LTSP makan s eluruh pelayanan dokumen ketenagakerjaan yang menjadi kewenangan Disnakertrans, Disdukcapil, Kantor Imigrasi, Kepolisian, BP3TKI, PPTKIS, LPKS, Dinas Kesehatan, RSUD  dan SKPD terkait diharapkan dapat terlayani dalam satu kantor

Dalam operasionalnya, LTSP bagi TKI didukung oleh Instansi Teknis/Dinas terkait dalam kepengurusan dokumen TKI seperti KTP, SKCK, Rekom, Paspor, Sarkes dll

Keberadaan layanan terpadu bagi TKI ini akan mempercepat dan mempermudah proses pengurusan dokumen mulai dari tahapan permohonan, pemberkasan  sampai ke tahap pengambilan dokumen. Sistem dalam perekrutan, penempatan, dan paska pemulangan TKI bisa lebih baik dan efisien.

“Memang diperlukan sinergisitas dari seluruh pihak agar  seluruh proses pelayanan menjadi transparan, dapat mengurangi biaya, menghindarkan adanya birokrasi yang berbelit-belit sehingga menimbulkan ketidakpercayaan para pemohon,” Kata Hery.

Hery berharap adanya kesinambungan dan peningkatan dari pelayanan terpadu ini sehingga tidak berhenti setelah peresmian yang dilakukan pada hari ini. "Pelayanan terpadu harus berkesinambungan dan tidak berhenti setelah peresmian hari ini, " katanya.

Sedangkan Kepala BNP2TKI Nusron Wahid menyambut positif atas izin yang diberikan Kemnaker kepada Pemda Indramayu untuk pelayanan satu pintu penempatan dan perlindungan TKI. Dengan kebijakan itu, maka LTSP-PPTKI dapat dibentuk di Kabupaten Indramayu, maka akan ada kepastian dalam pengurusan seluruh persyaratan untuk bekerja ke luar negeri oleh calon TKI.

"Tanpa ada  izin yang diberikan Kementerian Ketenagakerjaan serta dukungan dari  instansi terkait lainya tidak mungkin layanan ini dapat dilaksanakan, " katanya.

Sementara itu, Bupati Indramayu Anna Sophanah mengatakan peresmian pengoperasian LTSP, mencatat babak baru dan sejarah baru dalam bidang pelayanan ketenagakerjaan, khususnya pelayanan penempatan, perlindungan, dan perluasan kesempatan kerja di Kabupaten Indramayu.

"Pembentukan layanan ketenagakerjaan dengan pola pelayanan terpadu satu pintu, merupakan wujud nyata dan komitmen Pemerintah pusat dan  Pemkab Indramayu untuk memberikan layanan prima, dan sekaligus memenuhi tuntutan tenaga kerja Indramayu yang akan bekerja di luar negeri, " katanya.

Ana berharap, dengan pengoperasian LTSP ini, kemudahan dalam pelayanan ketenagakerjaan yang sudah cukup lama didambakan oleh tenaga kerja Indramayu dapat segera terwujud.

 

Biro Humas Kemnaker

Lihat Berita Yang Lain

Pengurus PARFI 56 Datangi Menaker Bicarakan Sertifikasi Profesi Artis dan Pekerja Seni

12 Mei 2017 0

Pengurus Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI 56) yang dipimpin Ketua Umum Marcella Zalianty mengunjungi Kantor Kementerian Ketenagakerjaan untuk berdiskusi dan meminta masukan langsung dari Menteri [...]

Kemnaker dan Slank Luncurkan Aplikasi Join Kandidat: Cara Praktis Dapatkan Pekerjaan

10 Mei 2017 0

Jakarta – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama grup musik Slank bekerjasama meluncurkan aplikasi Join Kandidat. Sebuah aplikasi online yang dapat diunduh melalui ponsel pintar untuk [...]

Pemerintah Tingkatkan Pelatihan Entrepreneur dan Jaminan Sosial Bagi PKL

04 Mei 2017 0

Pemerintah terus  melakukan pemberdayakan dan peningkatan  perlindungan bagi para pedagang kaki lima ( PKL) yang merupakan  pelaku usaha ekonomi informal yang menggerakan perekonomian [...]