Senin, 07 Agustus 2017 15:56 WIB 0 Komentar 146 Dilihat
Indonesia Butuh Ribuan Tenaga Kerja Bidang Aviasi

Indonesia Butuh Ribuan Tenaga Kerja Bidang Aviasi

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menanggapi positif tawaran dari Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF Aero Asia) untuk menyediakan tenaga kerja aviasi, yang dalam hal ini adalah tenaga kerja pemeliharaan pesawat terbang. Hal tersebut diungkapkan Hanif saat menerima Direktur Utama PT. GMF Aero Asia Iwan Joeniarto di Kantor Kemnaker pada Senin (7/8).

 
“Saya sangat tertarik dengan penawaran ini. Apalagi kita memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) yang berfungsi untuk mencetak tenaga kerja,” kata Hanif.

 
Hanif menambahkan, meskipun BLK belum memiliki kejuruan aviasi, tetapi pihaknya akan segera melakukan kajian terkait workshop yang diperlukan untuk kejuruan aviasi dan juga kurikulumnya.

 
“BLK sudah memiliki beberapa fasilitas yang dibutuhkan dan saya harap salah satu kejuruan yang ada di BLK adalah tentang aviasi, mengingat permintaan yang tinggi untuk bidang tersebut,” ujar Hanif.

 
Untuk menyiapkan tenaga- tenaga kerja bidang aviasi, Hanif dibutuhkan adanya instruktur, kurilkulum dan penyiapan sarana dan fasilitas yang mendukung kegiatan pelatihan aviasi.

 
"Ke depannya dimungkinkan kerjasama dengan maskapai-maskapai penerbangan dan sekolah penerbangan agar  tak hanya menyiapkan calon pilot dan penerbang,  tapi juga mekanik-mekanik handal di bidang aviasi untuk maintenance pesawatnya," kata  Hanif.

 
Sementara itu, Iwan Joeniarto mengungkapkan, permasalahan yang dihadapi saat ini adalah GMF Aero Asia membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak dalam kurun 5 tahun kedepan. Namun, lembaga pendidikan di Indonesia belum mampu memenuhi permintaan tenaga kerja bidang aviasi.

 
“Saat ini sekitar 51% pemeliharaan pesawat terbang masih dilakukan di luar negeri. Hal itu karena Indonesia masih kekurangan tenaga kerja aviasi,” ungkap Iwan.

 
Diharapkan, imbuh Iwan, jika Indonesia sudah memiliki tenaga kerja aviasi yang cukup, maka perawatan pesawat bisa dilakukan di dalam negeri.

 
Biro Humas Kemnaker

Lihat Berita Yang Lain

Kemnaker Fasilitasi Pemeriksaan Dini Kanker Serviks 1.500 Pekerja Wanita

21 Agustus 2017 0

Sebanyak 1.500 tenaga kerja wanita di pabrik garmen PT Bina Busana Internusa Semarang mengikuti tes IVA (Inspeksi Visual Asam asetat) berupa pemeriksaan leher rahim (serviks) yang dilakukan untuk [...]

Menaker Hanif Minta Program CSR Perusahaan Bantu Pengembangan SDM

18 Agustus 2017 0

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri  mengajak perusahaan-perusahaan di Indonesia agar menyalurkan dana  program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu pengembangan Sumber [...]

Kemnaker Integrasikan Sistem Informasi Ketenagakerjaan di Pusat dan Daerah

15 Agustus 2017 0

Dalam rangka menyatukan persepsi penyebarluasan informasi ketenagakerjaan secara nasional, Kementerian Ketengakerjaan menggelar workshop jejaring informasi ketenagakerjaan bertajuk "Integrasi [...]