Kamis, 08 September 2016 10:48 WIB 0 Komentar 166 Dilihat
Di KTT ASEAN, Presiden Tekankan Pentingnya Stabilitas dan Keamanan Jalur Maritim

Di KTT ASEAN, Presiden Tekankan Pentingnya Stabilitas dan Keamanan Jalur Maritim

Dalam rangka meningkatkan kerja sama maritim baik di antara sesama negara anggota ASEAN maupun antara ASEAN dengan negara mitranya., Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa ASEAN bersama negara mitra perlu menjaga stabilitas dan keamanan jalur maritim. 


Hal ini disampaikan Presiden pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dengan para Mitranya dalam Rangkaian KTT ASEAN ke-29 di Vientiane, Laos, seperti dilansir kompas.com, Rabu (7/9/2016).


“Indonesia menegaskan kembali agar kerja sama keamanan laut terus ditingkatkan. Bila tahun lalu ASEAN telah bersepakat untuk memajukan kerja sama maritim dalam konteks ‘East Asia Summit’, maka dalam kesempatan di Vientiane ini Indonesia menekankan perlunya kerja sama yang lebih nyata,” ujar Presiden Jokowi seperti disampaikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.


Selain itu, Presiden Jokowi juga menekankan bahwa ASEAN membutuhkan arsitektur kawasan yang kokoh dan dapat menjamin perdamaian dan stabilitas yang berkelanjutan sehingga mampu meningkatkan aktivitas perekonomian dan kinerja perdagangan di kawasan ASEAN dan para Mitranya. “Kita masih terus melihat peningkatan ketegangan dan aksi ilegal di kawasan yang dapat berakibat pada konflik terbuka,” papar Mendag mengutip pernyataan Presiden.


Sedangkan menurut Mendag, potensi ASEAN yang besar harus dapat dinikmati oleh negara anggota dan negara mitra ASEAN. Sebab, ASEAN merupakan ekonomi ketujuh terbesar dunia dengan Produk Domestik Bruto sebesar 2,4 triliun dollar AS. ASEAN juga merupakan rumah bagi 600 juta lebih penduduk. Jika kondisi ekonominya terjaga dan meningkat dengan baik,  ASEAN diproyeksikan akan menjadi ekonomi keempat terbesar di dunia pada 2050.

Lihat Berita Yang Lain

Tiga Strategi Kemnaker Kuatkan SDM Indonesia di Era Digital

13 Oktober 2018 1

Jakarta -- Memasuki era ekonomi digital pemanfaatan dan penguasaan teknologi merupakan salah satu indikator kemajuan negara yang memiliki sumber daya manusia (SDM) yang kuat. Untuk memperkuat SDM [...]

Realisasi Investasi Triwulan II - 2018 Sebesar 176,3 T, Naik 3,1 % Dibanding Triwulan II - 2017

14 Agustus 2018 0

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mempublikasikan data realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) periode Triwulan II (April-Juni) Tahun 2018 yang [...]

Wakili Jokowi, Menaker Hanif Hadiri Peringatan Kemerdekaan Peru

26 Juli 2018 0

Jakarta -- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri yang mewakili Presiden RI Joko Widodo  menghadiri perayaan Peringatan Hari Kemerdekaan Peru Ke-197 di Jakarta.  Atas nama [...]